"Untuk yang sudah mengambil formulir informasi dari Satgas Pilkada ada dua. Ada Pak Lalu Iqbal dan Lalu Gita,"
Mataram (ANTARA) - Mantan Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal resmi mendaftar maju di Pemilihan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Partai Demokrat.

"Untuk yang sudah mengambil formulir informasi dari Satgas Pilkada ada dua. Ada Pak Lalu Iqbal dan Lalu Gita," kata Ketua DPD Partai Demokrat NTB, Indra Jaya Usman di Mataram, Senin.

Ia mengatakan meski ada dua yang sudah mendaftar, namun yang sudah resmi mendaftar dan mengembalikan formulir adalah Mantan Dubes Turki, Lalu Muhamad Iqbal. Tim dari Lalu Iqbal yang langsung mengantar ke Kantor DPD Partai Demokrat NTB.

"Pak Iqbal sudah melengkapi semua syarat pendaftaran dan mengembalikan formulir," ujarnya.

Mengenai calon lain, pria yang akrab disapa IJU ini mengatakan, masih akan diterima oleh DPD Partai Demokrat NTB. Mengenai keputusan yang akan diusung oleh partai berlambang mercy ini masih akan menunggu keputusan selanjutnya.

"Nanti kami juga akan melakukan survei untuk menentukan calon (Pilgub NTB). Termasuk nanti juga akan berkomunikasi dengan DPP," terang IJU.

Tim Lalu Iqbal, Farid Tolomundu membenarkan bila Lalu Muhamad Iqbal sudah resmi mendaftar di Partai Demokrat. Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Luar Negeri itu juga mendaftar di PKB.

"Sementara baru dua partai itu yang membuka pendaftaran. Jadi Mas Iqbal akan daftar kesana dulu, nanti pun pasti akan daftar di partai yang lain," katanya.

Farid melanjutkan, alasan Lalu Iqbal mendaftar di Partai Demokrat di antaranya karena matang, punya visi dan misi serta partai yang dewasa.

"Mas Iqbal yakin proses penjaringan ini akan objektif. Selain Partai Demokrat, nanti akan mencari koalisi untuk pondasi yang kuat bagi NTB," ucapnya.

Dorongan untuk Lalu Iqbal maju dalam Pilgub NTB, kata Farid, bagian dari persembahan bagi Indonesia, untuk menyiapkan Indonesia Emas 2045.

"Ikhtiar ke depan dapat berjalan. Ini tahap awal yaitu pendaftaran (Pilgub NTB)," imbuhnya.

Lebih jauh, kata Farid, Lalu Iqbal yang mengusung "tagline" untuk NTB Mendunia ini ingin hal baik yang diwariskan oleh kepemimpinan TGB Zainul Majdi dapat dilanjutkan.

"Banyak kesempatan Pak Iqbal bercerita ingin meneruskan program TGB seperti pariwisata halal, soal peningkatan SDM dan banyak lagi," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024