Kita akan berupaya memulangkan para pengungsi itu secepat mungkin agar mereka bisa hidup secara normal kembali. Mareka yang ingin pulang kita jamin keamanannya
Sumbawa Besar (ANTARA News) - Bupati Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat Jamaludin Malik mengatakan, hingga kini sekitar 1.200 orang pengungsi akibat kerusuhan yang teradi di Sumbawa Besar, sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Secara keseluruhan jumlah pengungsi akibat kerusuhan di Sumbawa Besar, Ibu Kota Kabupaten Sumbawa 22 Januari 2013 sebanyak 3.700 orang, sekitar 1.200 orang sudah kembali ke rumahnya masing-masing," katanya di Sumbawa Besar, Minggu.

Sebanyak 3.700 orang pengungsi itu ditampung di sejumlah tempat, diantaranya yakni di tenda Kompi B, Yonif 742 Sumbawa sebanyak 1.800 orang dan di Kodim 1607 sebanyak 800 orang, serta di Mapolres Sumbawa.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memulangkan para pengungsi. Para pengungsi yang ingin pulang dijamin keamanannya dan mendapat kawalan polisi serta anggota TNI.

Kasus kerusuhan di Sumbawa Besar terjadi pada 22 Januari 2013. Kerusuhan ini mengakibatkan 478 unit rumah dirusak dan dibakar massa termasuk hotel.

Kerugian ditaksir mencapai Rp15 miliar belum termasuk nilai barang yang dijarah.

Kini situasi di Sumbawa Besar, Ibu Kota Kabupaten Sumbawa berangsur-angsur pulih, warga sudah mulai membersihkan rumah mereka dan toko-toko sudah mulai buka.

(M025)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013