Sijunjung, Sumbar (ANTARA News) - Ketua DPD-RI Irman Gusman mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sijunjung yang memberikan fasiltas berupa kendaraan roda dua untuk operasional Kepala Jorong (Pemerintahan setingkat desa) dalam melaksanakan tugas guna menyukseskan program pembangunan di kabupaten itu.

"Ini pertama kali di Indonesia, dimana bupati memberikan sarana transportasi berupa kendaraan roda dua kepada wali jorong dalam melaksanakan tugas," kata Irman Gusman, setelah seminar pemerintahan di Sijunjung, Senin.

Menurut dia, sangat diperlukan memberikan fasilitas kepada wali jorong yang ada di Kabupaten Sijunjung berupa kendaraan roda dua dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau pemerintah nagari dan Badan Perwakilan Nagari (BPN) jeli dalam menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di nagari, banyak sumber-sumber pendapatan bisa diperoleh nagari," kata dia.

Irman Gusman berharap, kendaraan operasional yang telah diberikan dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh jorong, dan tidak disalahgunakan, termasuk digunakan untuk kepentingan pribadi atau dipakai oleh anggota keluarga.

"Kendaraan ini adalah aset daerah, inventaris daerah, dan digunakan untuk kepentingan daerah. Pergunakanlah kendaraan ini oleh bapak-bapak untuk membantu tugas dalam menyukseskan program pembangunan. Karena kepala jorong adalah jembatan utama mendampingi wali nagari dalam rangka menyukseskan dan menerjemahkan visi misi Kabupaten Sijunjung," ujar dia.

(ANTARA)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013