Venezuela menunggunya, semua orang ingin melihatnya.
Caracas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Hugo Chavez kembali dari Kuba pada Senin (18/2) malam, lebih dari dua bulan setelah operasi kanker yang mengancam 14 tahun kekuasaannya di negara Amerika Selatan itu.

"Kami telah kembali ke Tanah Air Venezuela. Terima kasih Tuhan, rakyatku tercinta! Kami akan melanjutkan perawatan di sini," kata Chavez di Twitter seperti dikutip Reuters.

Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan Chavez tiba sekitar pukul 2:30 waktu setempat dan langsung dibawa ke rumah sakit militer di Caracas.

Namun menurut laporan Reuters, belum ada informasi baru tentang kondisi kesehatan pemimpin sosialis berusia 58 tahun itu atau pun gambar kedatangannya.

Sampai publikasi fotonya pada 15 Februari lalu, Presiden Chavez tidak pernah terlihat publik sejak operasi selama enam jam di Kuba pada 11 Desember 2012.

Kepulangannya pada tengah malam menyiratkan bahwa kondisi kesehatannya sudah membaik--sehingga setidaknya bisa melewati beberapa jam penerbangan-- dan menyalakan harapan pendukungnya untuk kembali memimpin.

Para pendukung Chavez menyambut kedatangannya di negara berpenduduk 29 juta dimana sentuhan dan belanja publik besar untuk kesejahteraan rakyat telah membuat dia menjadi idola kaum papa.

"Ini berita luar biasa, hal terbaik yang mungkin," kata sepupu Chavez, Guillermo Frias, kepada Reuters di tempat kelahitan Presiden di negara bagian Barinas.

"Venezuela menunggunya, semua orang ingin melihatnya. Selamat datang di rumah! Terima kasih Tuhan dia kembali," katanya.

Para pendukung menyalakan kembang api di beberapa tempat di Caracas untuk merayakan kepulangannya. Pejabat tinggi pemerintah juga bersuka cita. Menteri informasi mengatakan "Dia kembali, dia kembali! dalam siaran langsung televisi negara.

(ANT)

Penerjemah: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013