Kami dapat mengungkapkan bahwa novel ini akan mencerminkan kembali karakter Bond di era klasik...
London (ANTARA News) - Sebuah novel terbaru James Bond akan diluncurkan pada September, yang mengikuti perjalanan agen rahasia ulung Inggris itu melalui penuturan novelis William Boyd, menurut kantor pencipta Bond, Ian Fleming, Senin.

Fleming menulis novel Bond pertama yang berjudul "Casino Royale", sekitar 60 tahun lalu pada tahun 1953. Ia kemudian menulis 13 novel Bond yang lain sebelum meninggal dunia 11 tahun kemudian di usia 56 tahun.

Judul dan plot dari novel baru itu tetap menjadi rahasia penerbit, namun kantor Fleming memberikan sedikit bocoran terkait karakter agen rahasia 007 yang akan tertuang dalam novel itu. Bocoran itu terutama ditujukan untuk memikat para penggemar setia Bond yang terpesona dengan aksi Daniel Craig yang memerankan agen rahasia 007 itu dalam film terbaru Bond "Skyfall" dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami dapat mengungkapkan bahwa novel ini akan mencerminkan kembali karakter Bond di era klasik, yang menampilkan agen rahasia 007 di usia 45 tahun pada tahun 1969," katanya dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Novel itu akan diterbitkan di Inggris pada 26 September oleh Jonathan Cape - penerbit asli Fleming - dan akan diterbitkan oleh HarperCollins, anak perusahaan News Corp, untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada pada awal Oktober.

Versi layar lebar agen rahasia flamboyan itu tetap menjadi bintang box office, dengan "Skyfall" menjadi film resmi Bond pertama yang mengantongi pendapatan lebih dari 1 miliar dolar AS pada box office setelah diluncurkan tahun lalu.

Tetapi untuk menjaga merek sastra James Bond tetap hidup, kantornya telah mengundang sejumlah penulis untuk melanjutkan kisah petualangan Bond. Katalog Bond tersebut adalah salah satu yang paling berharga di dunia penerbitan, dengan penjualan dunia lebih dari 100 juta eksemplar.

Baru-baru ini, salah satu penulis thriller Amerika Serikat, Jeffery Deaver, menulis "Carte Blanche" pada 2011 --yang merupakan novel ke 37 James Bond, dan novel Sebastian Faulks, "Devil May Care" --yang ditulis dengan gaya Fleming-- diterbitkan untuk memperingati ulang tahun ke-100 Fleming pada 2008.

Penulis novel asal Inggris, Boyd, telah menuai pujian untuk keahliannya menulis novel dengan alur cerita yang kompleks dan terkadang berlatar belakang era sejarah yang unik, mulai dari era Perang Dunia I, era Afrika Timur hingga Los Angeles periode 1963.

Novel terbaru dari Boyd yang berjudul "Waiting for Sunrise" diluncurkan pada tahun lalu.

Ketika tahun lalu Boyd diminta untuk menulis novel Bond, dia mengatakan bahwa kesempatan itu sangat "fantastis, tantangan menarik". Dia menambahkan bahwa ia sudah akrab dengan Fleming karena ia pernah menggunakan Fleming dalam salah satu karakter novelnya.

(G003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013