Pendapatan itu belum termasuk penurunan nilai per lembar saham hingga 40 sen, dibandingkan perkiraan para analis 39 sen,"
Jakarta (ANTARA News) - Keuntungan produsen komputer Dell Incorporated anjlok 11 persen pada akhir Januari 2013 menjadi 14,3 miliar dolar AS menyusul rencana perusahaan itu untuk keluar dari bursa dan menjadi perusahaan tertutup.

Bloomberg menyebut nilai itu melebihi perkiraan sejumlah analis yang menyebut keuntungan perusahaan yang bermarkas di Austin Texas AS itu hanya 14,1 miliar dolar AS.

"Pendapatan itu belum termasuk penurunan nilai per lembar saham hingga 40 sen, dibandingkan perkiraan para analis 39 sen," sebut Bloomberg.

International Data Group, sebagaimana dipublikasikan PC World, mencatat Dell telah mengalami kemerosotan keuntungan dalam lima kuartal berturut-turut karena penurunan penjualan komputernya.

Pendapatan Dell dari komputer dekstop dan laptop, yang merupakan separuh dari bisnis Dell, turun hingga 20 persen pada akhir kuartal fiskal keempat.

"Satu-satunya unit bisnis yang tumbuh adalah (produk) server dan jaringan Dell untuk (segmen) bisnis yang mencapai 18 persen," sebut IDG.

Dell telah mengurangi ketergantungan keuntungan mereka pada produk PC dan mengubah diri sebagai perusahaan "solusi" yang lebih menekankan layanan dan piranti lunak.

Sebelumnya, Michael Dell, pendiri Dell, bersama perusahaan ekuitas Silver Lake Partners sepakat akan mengganti 24,4 miliar dolar AS kepada para pemegang saham demi mengganti status perusahaannya menjadi perusahaan privat.
(I026)



Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013