Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Dell Incorporated, Michael Dell, menyepakati pembayaran 24,4 miliar dolar AS untuk menarik produsen komputer itu dari status perusahaan publik menjadi perusahaan privat.

Penarikan diri Dell sebagai perusahaan publik, seperti dikutip The Wall Street Journal, bertujuan untuk mendongkrak nilai perusahaan yang bermarkas di Texas AS itu.

Michael Dell bekerjasama dengan perusahaan ekuitas Silver Lake Partners dalam pembelian kembali saham Dell seharga 13,65 dolar AS per saham dari para investor.

Pembelian kembali saham Dell yang disepakati oleh sebagian besar pemegang saham itu mengakhiri eksistensi Dell selama 24 tahun sebagai perusahaan publik.

Reuters melaporkan para pemimpin Dell akan terus melanjutkan strategi perusahaan untuk memperluas bisnis ke produk perangkat lunak layanan bagi perusahaan-perusahaan besar.

Dell juga menargetkan diri sebagai penyedia layanan penuh ke pelanggan perusahaan yang akan menyaingi IBM.

Michael Dell yang sebelumnya memiliki 14 persen saham akan memimpin perusahaan itu sebagai direktur utama dan menanamkan investasi tambahan ke perusahaan.

 (I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013