Saya tidak ingin melakukan perjalanan, menggelar dan mengikuti pertemuan, resepsi, dan konferensi dan lain-lain. Saya tegaskan, saya ingin mengabdikan diri kepada kehidupan doa
Vatican City (ANTARA News) - Pemimpin umat Katolik sedunia Paus Benediktus XVI mengatakan dalam pidato terakhir kali sebagai paus di Vatican bahwa ia ingin mengabdikan diri seluruhnya kepada kehidupan doa.

"Saya tidak ingin kembali kepada rutinitas kehidupan keseharian yang saya jalani selama ini," kata Benediktus di hadapan lebih dari 150.000 peziarah yang menjejali lapangan St Petrus.

"Saya tidak ingin melakukan perjalanan, menggelar dan mengikuti pertemuan, resepsi, dan konferensi dan lain-lain. Saya tegaskan, saya ingin mengabdikan diri kepada kehidupan doa," katanya sebagaimana dikutip dari laman kantor berita ANSA.

Pihak Vatican mengungkapkan bahwa lebih dari 150.000 peziarah hadir dalam penampilan terakhir kali Paus Benediktus XVI di Lapangan St Petrus. Dan 4.000 wartawan terakreditasi hadir dalam acara itu.

Benediktus lebih lanjut menyatakan ia sama sekali tidak terbebani oleh tugas-tugas sebagai paus. Ia senantiasa memanjatkan doa agar menerima arahan dari Tuhan untuk mengemban tugas yang baru setelah tidak lagi menjabat sebagai paus.

Ia berharap agar umat Katolik mendoakan para kardinal yang segera akan mengikuti pemilihan paus dalam sidang konklaf yang segera akan digelar. Sebanyak 115 kardinal kini telah berkumpul di Vatican untuk hadir dan ikut dalam pemilihan paus.

Paus Benediktus XVI juga mengatakan keputusan pengunduran dirinya itu "dilandasi pertimbangan matang dengan kebebasan penuh dalam keheningan jiwa yang d alam".

Seluruh keputusan itu demi masa depan gereja Katolik sedunia, katanya menegaskan.
(A024)

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013