Sistem tersebut diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dalam setiap proses pembelajaran,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menerapkan sistem akademik yang terintegrasi antarberbagai komponen penunjang akademik dengan pemanfaatan teknologi informasi.

"Sistem tersebut diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dalam setiap proses pembelajaran," kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr drg Erwan Sugianto di Yogyakarta, Selasa.

Dengan demikian, menurut dia, energi yang sebelumnya banyak terserap untuk melakukan proses manual bisa dialokasikan lebih banyak untuk meningkatkan mutu materi pendidikan.

"Transformasi akademik berbasis teknologi informasi memungkinkan diselenggarakannya pendidikan menggunakan `website` sebagai media komunikasi antardosen dan mahasiswa," katanya.

Misalnya, sistem pembelajaran "e-learning" yang telah banyak dipakai oleh banyak universitas dunia.

"UGM dengan program `eLisa` telah memunculkan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif dan bisa meminimalkan `barrier` jarak dan waktu," katanya.

Menurut dia, selain melakukan transformasi akademik berbasis teknologi informasi, FKG juga terus berusaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran mahasiswa melalui inovasi bidang kurikulum terintegrasi.

Hal itu , kata dia, dilakukan dengan pendekatan "student learning center" (SCL) kolaboratif dan kooperatif.

Ia mengatakan, pengembangan inovasi pembelajaran, ilmu pengetahuan, dan riset diakumulasikan untuk menjawab tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu.

"Hal itu dilakukan untuk mencetak dokter gigi yang memiliki keahlian, keterampilan, dan integritas moral yang tinggi," katanya.

(B015/H008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013