"Kami terus mengupayakan hubungan fungsional yang produktif dengan Venezuela."
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat (AS) akan mengusahakan hubungan yang positif dan produktif dengan Venezuela, saat kesehatan Presiden anti-Amerika Hugo Chavez memburuk dan meninggal dunia pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

"Saya dapat katakan kepada Anda bahwa kami terus mengupayakan hubungan fungsional yang produktif dengan Venezuela, dan kami tetap terbuka bagi dialog dengan Venezuela mengenai sejumlah masalah saling pengertian, termasuk kontra-narkotika, kotra-terorisme dan hubungan dagang antara kedua negara, termasuk energi," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney, kepada wartawan.

Ia menolak untuk mengomentari pengusiran David del Monaco, Atase Militer AS, yang diumumkan oleh Wakil Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, pada Selasa pagi, demikian laporan Xinhua.

Maduro mengatakan, pemerintah Venezuela telah mendapati utusan AS itu telah melakukan tindakan yang melawan militer Venezuela, dengan berhubungan dengan beberapa perwira dan mengusulkan rencana untuk merusak kestabilan negara di Amerika Selatan tersebut.

Ia juga mengatakan, Pemerintah AS dan musuh di dalam negeri itu telah melakukan "perang urat syaraf" terhadap Presiden Hugo Chavez dan negara Venezuela. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013