Solo (ANTARA News) - Tim Satria Muda Britama Jakarta akan mengantar pemainnya Galank Gunawan mengukir sejarah baru membuat 1.000 "rebounds" dalam Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013 seri empat di Solo 9-17 Maret mendatang.

"Pemain power forward Satria Muda Galank Gunawan (25) jika berhasil meraih rebound ke-1.000, maka namanya akan terus tercatat sebagai orang pertama yang meraih pencapaian di NBL Indonesia," kata Direktur PT DBL Indonesia sekaligus commissioner NBL Indonesia Azrul Ananda di Solo, Jumat.

Rekor baru siap dibukukan oleh Galank Gunawan, yakni hanya butuh tambahan 56 rebounds untuk menghabiskan diri sebagai pemain pertama yang menembus perolehan seribu rebound selama berkarir di NBL Indonesia.

Menurut Azrul Ananda, pihaknya sangat mengapresiasi pencapaian statistik yang telah diraih para pemain, sejak pertama kali menyelenggarakan NBL Indonesia pada 2010, dan segala perolehan pemain dicatat.

Setelah sederetan pemain bergabung di 1.000 poin klub, kini giliran Galank menuju anggota perdana 1.000 rebounds Club. Semua pemain basket tentu tahu, sangat sulit untuk meraih pencapaian di kategori rebound.

"Jadi sekali lagi, walau belum resmi diraih, kami mengucapkan selamat kepada Galank. Kami berterima kasih atas segala kiprahnya di liga kebanggaan Indonesia ini," kata Azrul Ananda.

Galank Gunawan selama memasuki musim ketiga berkiprah di NBL Indonesia, telah mengoleksi total 944 rebound. Pemain dengan tinggi 1,94 meter ini rata-rata mengemas 9,34 rebound per game, yang dihitung dari semua pertandingan resmi, mulai "Preseason Tournament", Musim Reguler, hingga "Championship Series".

Galank akan terus konsisten kemungkinan bukan hal sulit bagi pemain kelahiran Sampit ini, untuk mengunci rebound keseribunya di Solo.

Menurut Galank Gunawan, dirinya termotivasi terus bermain secara konsisten bagi timnya. Jika akhirnya ada perolehan statistik yang menonjol sebagai bonusnya.

Menurut dia, timnya pertama bertanding melawan Garuda Kukar Bandung di seri keempat di Sritex Arena Solo, Sabtu (9/3). Timnya harus mampu mengalahkan permain Garuda Kukar yang dikenal sering menampilkan permainan keras.

"Kami di Solo akan melakukan pertandingan enam game di Solo. Diawali dengan bentrok melawan Garuda Kukar Bandung," katanya.

Pada pertemuan sebelumnya di Bandung, Satria Muda dipaksa tunduk oleh Garuda dengan skor 51-57. Kekalahan itulah yang ingin dibalaskan oleh Galank dan kawan-kawan.

Satria Muda sangat berambisi merebut kemenangan, demi menyamakan satu lawan satu dengan Garuda. Kedua tim bersaing ketat di klasemen, dengan tabungan 28 poin, setelah sama-sama mengantongi 12 kemenangan dari 16 pertandingan.

Menurut Kapten tim Garuda Kukar Bandung, Wendha Wijaya, timnya menghadapi Satria Muda merupakan sesi pembuka dari jadwal neraka yang harus mereka jalani di Solo.

Garuda sebanyak enam pertandingan yang bakal dilakoni, harus bertemu tiga lawan berat sekaligus yakni Satria Muda, Pelita Jaya, dan Aspac.

"Kami melawan Satria Muda memiliki strategi khusus harus dapat mengalakan Galank dan kawan-kawan," katanya.

Tim Garuda telah siap menampilkan performa terbaik di seri Solo. Timnya ingin mengulangi kemenangan atas Satria Muda seperti pada seri Bandung beberapa waktu lalu, dan memetik hasil positif pada laga lainnya.

(ANTARA)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013