Denpasar (ANTARA News) - Pembangunan infrastruktur jalan tol di atas perairan, jalan bawah tanah (underpass) simpang Dewa Ruci dan perluasan Bandara Internasional Ngurah Rai akan rampung pada Juni 2013.

"Ketiga proyek pembangunan tersebut diharapkan rampung pada Juni 2013, kesimpulan itu kami dapatkan setelah bertatap muka dengan pimpinan proyek dan instansi terkait di Kantor Gubernur Bali pada Jumat kemarin," kata Ketua Komisi III DPRD Bali Gusti Made Suryanta Putra, di Denpasar, Sabtu

Ia menjelaskan pembangunan jalan tol di atas perairan yang menghubungan Benoa-Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua, Kabupaten Badung progres proyeknya sudah 83 persen.

"Proyek tersebut akan dikebut dalam bulan ini, termasuk juga penyambungan jalan tol dan pengaspalannya," katanya.

Jalan tol akan diujicobakan mulai Juni 2013, sebelum jalan itu secara resmi dibuka untuk umum.

Sedangkan untuk jalan bawah tanah (underpass) simpang Dewa Ruci, Kuta, progres pembangunan hingga saat ini mencapai 87,5 persen.

"Untuk pengerjaan jalan bawah tanah sudah tembus yang jaraknya 38 meter dari arah utara hingga selatan. Sekarang masih dalam tahap pengerjaan dinding dan ornamen arsitektur Bali serta pemasangan pompa dan lampu penerangan jalan," ucapnya.

Ia mengatakan untuk pembangunan perluasan Bandara Ngurah Rai saat ini perkembangan proyek sudah mencapai 61,03 persen. Ini terlambat dari jadwal perencanaan sebesar 1,89 persen.

"Keterlambatan proyek dari `progress report` karena disebabkan faktor cuaca yaitu musim hujan, sehingga tidak bisa mengerjakan dibagian atapnya," katanya.
(ANT)

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013