Batam (ANTARA News) - Harga bawang putih dan bawang merah di Kota Batam normal padahal di daerah lain terjadi kenaikan tajam dalam beberapa pekan terakhir.

"Kenaikan harga bawang di daerah Jawa, tidak berpengaruh di Batam. Harganya masih relatif normal," kata pedagang kebutuhan pokok di Botania, Muhajir, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini harga bawang merah di Batam berkisar Rp18.000 sampai Rp20.000. Harga bawang putih juga sekitar Rp20.000/kilogram.

"Bawang yang di Batam rata-rata impor, jadi meski pasokan dari Pulau Jawa berkurang tidak akan begitu berpengaruh," kata dia.

Ia mengatakan, harga bawang impor di Batam biasanya maksimal hanya setengah  harga bawang lokal, sehingga lebih diminati.

"Harganya tidak pernah melebihi setengah harga bawang dari Pulau Jawa. Para pemilik warung biasanya membeli bawang impor. Bawang lokal hanya dibeli para ibu rumah tangga dengan jumlah sedikit," kata dia.

Muhajir mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok, dalam beberapa waktu terakhir, hanya terjadi pada cabe rawit yang mencapai Rp25.000/kilogtam.

Pedagang lain, Sulaiman mengatakan selama ini kebutuhan bawang putih di Batam dipenuhi dari China karena bawang lokal harganya justru jauh lebih mahal.

"Kami hanya menjual bawang putih dari Jawa kalau pasokan dari China tidak ada karena harganya sangat mahal," kata dia.

Pewarta: Larno
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013