Kalau harga normal, bawang merah dulunya hanya Rp25.000 perkilonya begitu juga dengan harga bawang putih Rp35.000 perkilonya
Kolaka, Sultra (ANTARA News) - Faktor cuaca yang terjadi selama sepekan ini memicu naiknya harga bawang merah dan bawang putih antara 25-30 persen di pasar di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Abdul Jafar, salah seorang pedagang di pasar Mekongga Kolaka, Jumat, mengatakan harga bawang merah kini pada kisaran Rp40.000 hingga Rp50.000 perkilogram, sementara harga bawang putih berkisar Rp70.000-Rp75.000 per kilogram.

"Kalau harga normal, bawang merah dulunya hanya Rp25.000 perkilonya begitu juga dengan harga bawang putih Rp35.000 perkilonya," katanya.

Menurut dia, naiknya harga bawang dipicu dengan kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga berpengaruh terhadap harga rempah-rempah di Pasar Mekongga.

"Persediaan bawang merah masih ada cukup tersedia di daerah Sulawesi Selatan yang merupakan sentra produksi, kecuali bawang putih yang kekurangan stoknya karena dipasok dari luar daerah Sulawesi," ujar Abdul Jafar.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan pasokan bawang merah umumnya disuplai pedagang dari Kabupaten Enrekang (Sulsel).
(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013