Pergerakan nilai tukar rupiah masih berada dalam area negatif...
Jakarta (ANTARA News) - Nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Jumat pagi bergerak melemah tujuh poin seiring dengan kekhawatiran pelaku pasar uang terhadap krisis keuangan di Siprus.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi melemah nilainya sebesar tujuh poin menjadi Rp9.735 dibanding posisi sebelumnya Rp9.728 per dolar AS.

"Pergerakan nilai tukar rupiah masih berada dalam area negatif seiring masih adanya kekhawatiran pelaku pasar terhadap masalah Siprus yang akan semakin berlarut setelah hasil pungutan suara parlemennya yang menolak syarat-syarat mekanisme dana talangan," ujar analis Trust Securities, Reza Priyambada.

Ia mengatakan Presiden Siprus dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa pemimpin partai di negaranya untuk mempertimbangkan negosiasi dengan Rusia untuk mendapatkan bantuan.

"Kantor bank di Siprus telah diperintahkan tetap tutup hingga Selasa pekan depan. Pemerintah sedang menganalisa untuk membatasi modal sebagai bentuk pengawasan untuk menghindari pelarian modal," kata dia.

Pengamat pasar dari Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih menambahkan risiko kebangkrutan Siprus meningkat, membuat badan peringkat S&P menurunkan peringkat utang Siprus dari CCC+ (triple C plus) menjadi CCC (triple C) dengan catatan acute problems untuk sektor perbankannya.

"Ketidakpastian di Siprus itu direspon negatif pasar keuangan," kata dia.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013