Kamis, 31 Juli 2014

Petani Indramayu gelar rupacara "Mapag Sri"

Minggu, 31 Maret 2013 15:58 WIB | 3.424 Views
Petani Indramayu gelar rupacara
Mapag Sri Sejumlah perangkat desa menyiapkan pengantin padi sebelum acara adat Mapag Sri di Desa Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (31/3).(ANTARA/Dedhez Anggara)
Indramayu (ANTARA News) - Sejumlah petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu, menggelar upacara Mapag Sri sebagai ungkapan rasa syukur mereka menyambut panen raya.

Misbakun, salah seorang petani di Kecamatan Juntiyuat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengatakan upacara ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan. Melalui ritual ini, petani mengungkapkan kebahagiaan dan syukurnya karena berhasil panen raya.

Upacara ini diawali dengan mengarak "pengantin padi" keliling desa diiringi atraksi kesenian lokal, dan doa bersama dan menikmati hidangan khas daerah pantai utara.

Selanjutnya, menurut sesepuh Indramayu, Kusno, petani menggelar wayang kulit Purwa dengan lakon Sulanjana yang bercerita tentang asal-usul padi.

Aparat Desa Juntiyuat, Roh, mengatakan tradisi ini sudah dilakukan selama ratusan tahun. Dalam upacara ini, para petani berdoa pada Yang Maha Kuasa agar mendapat panen yang melimpah dan pada musim tanam berikutnya terhindar dari serangan hama.

"Mapag Sri" dilaksanakan menjelang panen raya, biasanya dalam dalam satu tahun dua kali.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga