Montevideo (ANTARA News)  - Juara Amerika Selatan Uruguay mengkhawatirkan Luis Suarez akan kehilangan kebugaran untuk pertandingan selama skorsing sepuluh pertandingan akibat menggigit lawannya, menjelang Piala Konfederasi pada Juni.

Suarez sudah mendapat skorsing untuk pertandingan yang dijalani Uruguay di kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan untuk pertandingan di Venezuela pada 11 Juni, dan dari sana mereka pergi ke Brazil untuk tampil di turnamen yang berlangsung pada 15-30 Juni itu, lapor Reuters.

FA menjatuhkan sanksi berat kepada penyerang Liverpool itu setelah ia menggigit lengan bek Chelsea Branislav Ivanovic, saat kedua tim bermain imbang 2-2 di Anfield pada Liga Utama Inggris Minggu.

"Fakta bahwa ia tidak akan bermain, bahwa ia tidak akan bertanding untuk kurun waktu yang lama, merugikan dirinya dan kami," kata pelatih fisik Uruguay Jose Herrera pada Kamis.

"Kami memikirkan Luis untuk Piala Konfederasi sebab, seperti yang telah kita ketahui bersama, ia mendapat skorsing untuk pertandingan kualifikasi melawan Venezuela. Dan (kualifikasi) Piala (Dunia) akan berlangsung sebulan lebih sedikit lagi, ia dapat kehilangan kondisi fisiknya," kata Herrera seperti dikutip situs harian Uruguay El Pais (www.ovaciondigital.com.uy).

Staf pelatih Uruguay Oscar Tabarez itu berharap Liverpool akan melepas Suarez sebelum akhir musim Liga Utama Inggris, yang hanya tinggal menyisakan empat pertandingan lagi.

"Kami harus melihat apakah mereka ingin dia bertahan di sana untuk berlatih dengan mereka atau mereka akan melepas dia lebih cepat," kata Herrera.

Uruguay juga menantikan bukti dari FIFA bahwa Suarez tertangkap kamera video memukul pemain Chile Gonzalo Jara pada pertandingan kualifikasi di Santiago bulan lalu, insiden yang luput dari pengamatan wasit.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF) Sebastian Bauza, yang memberikan pandangan AUF terhadap insiden itu kepada FIFA di mana menurut mereka Suarez hanya bereaksi terhadap agresi dari Jara, dilaporkan yakin FIFA akan menutup kasus ini tanpa menghukum sang pemain.

Piala Konfederasi, yang melibatkan para juara dari enam benua, tuan rumah Piala Dunia Brazil dan juara dunia Spanyol, merupakan kompetisi gladi bersih bagi Piala Dunia tahun depan.

Negara-negara lain yang berpartisipasi adalah Meksiko, Nigeria, Jepang, Tahiti, dan Italia, yang mewakili Eropa setelah kalah di final Piala Eropa 2012 dari Spanyol. (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013