Bandarlampung (ANTARA News) - Kesebelasan Lampung FC menundukkan Persipon 3-0 pada lanjutan pertandingan di Grup I Liga Divisi Utama 2013 di Stadion Pahoman Bandarlampung, Minggu.

Pertandingan yang digelar di stadion kebanggaan Kota Bandarlampung dipenuhi seribuan penonton dari berbagai penjuru kota untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

Pada babak pertama ke dua tim memperlihatkan kemampuan teknik mereka. Kendati lapangan diguyur hujan deras tidak menurunkan tempo permainan.

Permainan babak pertama denagn tensi tinggi itu membuat tim Persipon Pontianak diberikan empat kartu kuning oleh wasit Untung Suhendra.

Beberapa peluang pada babak pertama tercipta untuk Lampung FC selalu saja dimentahkan oleh Randy Suprapto penjaga gawang Persipon namun pada menit ke 22, Nova Hermawan tidak menyianyiakan kemelut di depan gawang hingga akhirnya tercipta gol dengan kaki kanannya.

Pada menit ke 23 terjadi pelanggaran oleh pemain Persipon Nurhuda kepada Noval sehingga diberikan kartu kuning kedua membuat pemain Persipon itu harus keluar dari lapangan karena diberi kartu merah. Nurhuda diberikan kartu merah karena menyikut Noval penyerang Lampung FC hingga terjatuh.

Pertandingan pun sempat diwarnai adu jotos antara ke dua tim, karena pelanggaran yang dilkukan Nurhuda. Suasana tersebut hanya berlangsung lima menit, hingga akhirnya wasit Untung Suhendra kembali meniup pluitnya untuk memulai pertandingan.

Babak kedua, Lampung FC tidak menurunkan tempo permaian serangan tim yang berjuluk Gajah Beringas oitu semakin tajam memanfaatkan kelemahan dari Persipon yang hanya bermain 10 orang.

Kurniawan penyerang Persipon pun tidak berkutik, karena kokohnya pemain belakang dari Lampung FC. Menit ke 50, Anton kembali melesakan gol untuk Lampung FC hingga menit ke 87 kembali Lampung FC menambah keunggulan melalui tendangan Abubakar Bah.

Hingga pertandingan usai skor 3-0 bertahan, dan menambahkan poin tiga anggka untuk Lampung FC.

Terkait kekalahan timnya, Pelatih Persipon Winedy Purwito mengatakan bahwa lawan telah memanfaakan kelemahan timnya yang hanya bermain 10 orang.

"Tim hanya bermain 10 dan lawan sangat memanfaatkan hal itu," kata dia.

Ia mengatakan bahwa timnya baru terbentuk, dan akan menjalankan 20 pertandingan ke depan serta melakukan evaluasi untuk pemain agar lebih baik lagi.

Pelatih Lampung FC M Nasir mengatakan permainan anak asuhnya cukup baik dan telah menjalankan intruksi pelatih, selain itu sejumlah pemain cadangan juga bermain cukup bagus.

"Skor 3-0 sangat memuaskan, tim sudah banyak menunjukan kemajuan meskipun akan ada evaluasi agar lebih baik lagi," katanya.

Ia mengatakan bahwa akan melakukan evaluasi terkait emosi pemain yang mudah terpancing untuk bermain kasar. "Setiap jam latihan akan mengingatkan mereka agar dapat mengatur emosinya," kata dia.

Terkait kemenangan ini, Balafans suporter fanatik Lampung FC mengumpulkan dana untuk memberikan bonus kepada para pemain.

"Sumbangan hari ini berjumlah Rp1,2 juta untuk para pemain yang berhasil memenangkan pertandingan melawan Persipon," kata Kordinator Balafans Dolof.

Sumbangan spontan itu untuk mengetuk hati para pejabat agar dapat membantu kemajuan tim sepak bola asal Provinsi Lampung tersebut.

(RB*A054)