Jakarta (ANTARA News) - Sineas asal Austria yang membuat film "Amour", Michael Haneke, meraih penghargaan Prince of Asturia untuk bidang seni paling bergengsi di Madrid, Spanyol.

"Amour" meraih Piala Oscar tahun ini untuk kategori Film Asing Terbaik. Film tentang pasangan lanjut usia itu juga meraih Palme d'Or di Festival Film Cannes.

Haneke berhasil mengalahkan 32 lawannya untuk meraih hadiah sebesar 50 ribu euro, salah satu penghargaan tertinggi di Spanyol.

Selain Haneke, koreografer asal Kuba, Carlos Acosta, seniman Serbia, Marina Abramovic, dan komposer Estonia, Arvo Part, juga tururt menjadi unggulan  untuk meraih Prince of Asturia bidang seni tahun ini.

Para juri terkesan oleh sosok Haneke yang mereka sebut sebagai pemimpin sinema modern Eropa. Mereka memuji "keteguhan hati dan paparannya terhadap realita."

"Penekanannya, tatapan radikalnya terhadap masyarakat memungkinkannya mengeksplorasi ranah yang belum terjamah dan menjadikannya pemimpin di sinema kontemporer Eropa," bunyi pernyataan dari Yayasan Asturias, seperti yang dikutip dari BBC.

Haneke mendapat pengakuan internasional pada tahun 1997 untuk film thriller psikologisnya "Funny Games". Film itu mengisahkan dua pemuda yang menyadera satu keluarga.

Tahun 2001, "The Piano Teacher" karyanya yang dibuat berdasarkan novel karya Elfriede Jelinek, meraih Grand Prix pada Festival Film Cannes. Haneke pun kembali  menuai sukses dengan "Hidden" yang menampilkan Juliette Binoche pada tahun 2005.

Prince of Asturia Awards bidang seni diberikan kepada individu atau institusi yang karyanya "memberikan kontribusi berarti terhadap warisan budaya manusia". Penghargaan dalam bidang seni merupakan satu dari delapan penghargaan yang diberikan yayasan itu setiap tahun.

Tahun lalu, penghargaan bidang seni dimenangkan oleh arsitek Spanyol Rafael Moneo. Para peraih penghargaan bidang ini antara lain Norman Foster (arsitek Inggris), sutradara Spanyol Pedro Almodovar, dan penulis lagu asal Kanada Leonard COhen.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013