Kamis, 23 Oktober 2014

LPDP Kemenkeu targetkan 1.455 penerima beasiswa

| 9.017 Views
id beasiswa, lpdp, agus badaruddin
Bandung (ANTARA News) - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2013 menargetkan 1.455 orang penerima beasiswa untuk jenjang magister dan doktor dari berbagai program studi.

"Saat ini yang mendaftar sekitar 8.900-an, yang memenuhi syarat sekitar 1.900-an, target kami memberangkatkan sekitar 1.500," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin dalam pemaparan di Bandung, Sabtu.

LPDP merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di Kemenkeu yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengembangannya dalam bentuk berbagai program pendidikan.

Lembaga yang terbentuk pada 2012 ini memiliki program layanan beasiswa, pendanaan riset dan dana cadangan untuk rehabilitasi fasilitas pendidikan serta pengelolaan dana pengembangan pendidikan nasional (investasi).

"Kami ingin LPDP ini membentuk atau menghasilkan pemimpin. Syaratnya pemimpin ini punya pendidikan yang baik yaitu S2 dan S3. Kesempatan ini akan diberikan kepada seluruh anak bangsa," ujarnya.

Saat ini, LPDP memiliki dana kelolaan sebesar Rp15,6 triliun. Lembaga itu menargetkan dana kelolaan sebesar Rp40 triliun dalam beberapa tahun mendatang, dengan target pemberian beasiswa kepada 10.000 orang.

"Kalau uang lembaga ini sudah Rp40 triliun, diharapkan bisa membiayai 10 ribu anak bangsa. Kami harapkan ini terus berkembang," ujar Ki Agus.

Ia mengatakan LPDP juga menerima bantuan dari lembaga multinasional maupun lembaga donor lain untuk ikut terlibat dalam program pendidikan ini, asalkan bantuan tersebut tidak mengikat secara politik atau lainnya.

Sejak pendaftaran beasiswa dibuka pada pertengahan Maret 2013, total pendaftar untuk program yang ditawarkan LPDP adalah 8.924 orang dengan keseluruhan yang melengkapi dokumen 1.957 orang.

Studi teknik memiliki minat terbesar dan paling banyak dipilih pelamar hingga 20 persen, diikuti sains 17 persen, akuntansi 11 persen, sosial keagamaan sembilan persen dan pertanian serta kedokteran masing-masing tujuh persen.

Saat ini, LPDP bekerja di bawah pengawasan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama serta fokus untuk mencetak pemimpin dalam bidang pemerintahan, swasta dan sosial.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga