Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Persib Bandung merangsek ke dua besar klasemen sementara Liga Super Indonesia 2013 setelah mengalahkan Persipam Madura 2-1 (2-0) di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Minggu. 

Gol kemenangan Persib dicetak oleh M Ridwan menit ke-5 dan Sergio van Dijk menit ke-19. Sedangkan gol balasan Persipam Madura dicetak oleh Christoper Gomez menit ke-58.

Dengan kemenangan tersebut, Persib Bandung sementara ke urutan kedua di bawah Persipura dengan nilai 40 hasil 19 kali bertanding, 12 kali menang, empat seri dan tiga kalah. Persib menyalip Sriwijaya FC dan Arema Indonesia sekaligus yang masing-masing mengumpulkan nilai 39 dan 38.

Sementara itu, kekalahan bagi Persipam yang dilatih Daniel Roekito, membuat tim itu tertahan di peringkat ke-14 dengan nilai 21 hasil 19 kali bertanding, lima menang, enam seri dan delapan kali kalah. Kekalahan itu merupakan yang kedua bagi Persipam yang juga dikalahkan Persib di Madura pada leg pertama 3-1.

Dua kemenangan Persib di awal putaran kedua ini merupakan bekal untuk meneruskan trend positif pada tiga laga tandang yang akan dijalani oleh Sergio van Dijk dkk ke kandangt Persita Tengerang (25/5), Arema (1/6) dan Gresik United (5/6).

Sementara itu gol penentu kemenangan Persib yang dilesakan Sergio van Dijk cukup istimewa karena ditunggu bobotoh setelah top skorer Persib itu puasa gol pada tiga laga terakhir, gol tersebut merupagan gol pertama Sergio di putaran kedua.

Duetnya dengan Hilton Moriera kian padu, meski kedua bomber tim Bandung itu mendapat pengawalan pemain bertahan Persipam. Bahkan beberapa kali Hilton jatuh bangun dijegal bek Madura.

Pada babak pertama, pelatih Persib Jajang Nurjaman menerapkan pola menyerang, dan berbuah gol cepat yang menjadi modal bagi pertandingan Persib, disusul kemudian gol kedua menit ke-19.

Namun memasuki babak kedua, Persipam yang dimotori pemain Belanda Emile Linkers dan Zaenal Arif tampil lebih menekan, melalui umpan cepat. Linkers, Zaenal Arif dan Gomez beberapa kali mengancam gawang Persib dan memaksa kiper I Made Wirawan berjibaku memblok tembakan dan sundilan trio penyerang Persipam.

Menyadari permainan kurang berkembang, Persib menurunkan tiga striker dengan menambah Kenji Adachihara menggantikan Atep. Namun aksi Linkers dkk kian membahayakan gawang Persib, sehingga Jajang mengganti striker Sergio van Dijk dengan memasukan Asri Akbar untuk menghadang laju permainan Persipam.

Hasilnya positif dimana serangan Persipam kandas di lini tengah, meski satu peluang emas Zaenal Arief nyaris membobol gawang Wirawan menit ke-84. Kedudukan 1-2 untuk Persib bertahan hingga babak kedua usai.

Pertansingan itu sempat terhenti sekitar lima menit pada menit ke-56 ketika asap dari kembang api yang disulut penonton menghalangi pandangan di tengah lapangan.

Wasit Kusni mengeluarkan tiga kartu kuning yakni untuk Fachrudin, Aditya Dewa (Persipam) dan Aang Suparman (Persib).

Susunan pemain:
-Persib: I Made Wirawan (kiper), Naser Al Sebay, Aang Surparman, M Ridwan, Supardi, Hariono, Tony Sucipto, Atep/ Kenji, Hilton Moriera, Firman Utina, Sergio van Dijk/Asri Akbar.

-Persipam: M Irfan (kiper), Michael Orah, Fahroji, Aditya Dewa, Deni Rumba, Abubakar, Amando Konte/ Isac Jober, Zaenal Arief, Christoper Gomez, Emile Linkers. (S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013