Jakarta (ANTARA News) - Beragam produk anyaman hasil karya perajin binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dari berbagai daerah dipamerkan di plasa pameran Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa.

"Pameran ini mengikutsertakan 48 peserta IKM binaan Dekranas dari berbagai daerah, antara lain; Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan lain-lain," kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Selasa.

Pameran ini akan diselenggarakan selama 4 hari, mulai hari ini sampai dengan 24 Mei 2013 dan setiap hari dibuka mulai pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Peserta akan menampilkan aneka produk kerajinan, yang sebagian besar akan digelar produk anyaman

Menurut dia, gelar produk anyaman bertujuan untuk mempromosikan produk terbaru dari para perajin binaan Dekranas khususnya produk anyaman, sehingga pasar produk kerajinan ini akan dikenal lebih luas kepada masyarakat tentang perkembangan kreativitas serta keunikannya.

"Harapan kami pameran ini dapat dikunjungi oleh masyarakat luas khususnya pembeli potensial yang ada di lingkungan Jabodetabek," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Dekranas mengatakan pameran Dekranas tahun ini mengusung produk anyaman. Produk anyaman merupakan produk tertua di Indonesia dan mempunyai keanekaragaman dan mempunyai ciri khas masing-masing di tiap daerah

"Tuntutan pasar dunia semakin ketat sehingga diperlukan produk kerajinan yang inovatif dan kreatif yang disesuaikan dengan selera pasar dan dibuat dari bahan baku yang ramah lingkungan," ujar dia.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013