Bandung (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan pemerintah berkomitmen akan menurunkan harga daging sapi sebelum Bulan Ramadan tahun 2013 karena saat ini harga daging sapi mengalami kenaikan dariRp70  ribu ke Rp95 ribu/ kilogramnya.

"Saya sudah komit untuk berupaya menurunkan harga daging sapi sebelum Bulan Ramadhan," kata Gita Wirjawan, usai melakukan kunjungan ke Pasar Kosambi Bandung, Kamis.

Komitmen tersebut, kata Mendag, sesuai dengan amanah Presiden SBY kepada dirinya untuk menurunkan harga daging sapi saat ini agar harganya sama dengan tahun lalu yakni berada di kisaran Rp65 ribu /kilogramnya.

"Ini amanah Pak Presiden dan nanti malam saya akan bertemu dengan Menteri Pertanian untuk mencari solusi agar daging sapi ini bisa turun," kata dia.

Ia menuturkan, akibat tingginya harga daging sapi dan sapi bakalan para pedagang banyak yang mengeluhkan hal tersebut kepada dirinya.

"Karena selama ini penjualan mereka berkurang dikarenakan harga daging sapi yang mahal. Banyak pedagang mengeluh, katanya biasa mereka menjual satu ekor, sekarang hanya 1/2 ekor. Itu karena kenaikan harganya yang dari Rp70 ribu ke Rp90 ribu," katanya.

Dikatakan dia, selama ini memang pasokan daging sapi dan sapi bakalan dari dalam negeri mengalami pengurangan sehingga mau tidak mau pemerintah harus mendatangkan pasokan tersebut dari luar negeri.

"Nah ini kita harus tingkatkan pasokan, memang kalau pasokannya kurang dari dalam negeri maka mau tidak mau kita harus datangkan dari tempat laih. Itu yang diprioritaskan oleh pedagang atau penjual daging sapi bahwa bukan hanya dagingnya saja tapi yang sapi bakalan juga," katanya.