Padang (ANTARA News) - Jumlah peserta ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Padang, Sumatera Barat, hingga batas akhir pendaftaran Sabtu, 8 Juni 2013 pukul 22.00 WIB tercatat 35.441 orang.

Jumlah itu turun dibanding pada tahun lalu yang mencapai 38 ribu siswa, kata Humas Panitia Lokal SBMPTN, Amril Amir, di Padang, Minggu.

Ia merinci, pendaftar bidang sains teknologi sebanyak 11.196 orang, sosial humaniora 15.224 dan campuran sebanyak 9.021 pendaftar.

Ujian tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni dengan materi tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan dasar umum meliputi matematika dasar, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kemudian, tes kemampuan dasar sains dan teknologi meliputi matematika, biologi, fisika dan kimia serta tes kemampuan dasar sosial dan humaniora meliputi sosiologi, ekonomi, sejarah dan geografi.

Jika peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian yang diikuti maksimal tiga jenis.

Berbeda dengan ujian tahun sebelumnya, pada tahun ini setiap pendaftar dapat memilih tiga program studi dengan syarat satu program studi yang dipilih harus merupakan perguruan tinggi negeri pada wilayah di mana yang bersangkutan ujian.

Jika pada tahun lalu ada kategori IPA, IPS dan IPC tahun ini diganti menjadi saintek, sosial humaniora dan campuran, kata dia.

Selain itu, saat mendaftar peserta sudah dapat mengetahui dimana lokasi ujian sehingga dapat mengantisipasi keterlambatan pada hari pelaksanaan.

Ia menambahkan, calon peserta harus teliti dalam mengikuti setiap tahapan dan pastikan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Lokal SBMPTN 2013 Agus Irianto menyampaikan Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) akan menerima 3.714 mahasiswa baru pada SBMPTN 2013.

Dari 3.714 kursi tersebut Universitas Andalas akan menerima 2.190 orang dan Universitas Negeri Padang sebanyak 1.524 mahasiswa.

Sementara, Wakil Rektor I Universitas Andalas Febrin Anas Ismail memastikan pada 2013 Unand tidak menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Unand menerima mahasiswa baru melalui SNMPTN sebanyak 3.106 atau 60 persen dari kuota serta jalur SBMPTN 2.190 mahasiswa atau 40 persen.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013