Jakarta (ANTARA News) - Sony Entertainment akhirnya meluncurkan perangkat permainan digital terbarunya, PlayStation 4, dalam Pameran Hiburan Elektronika (Electronic Entertainment Expo) yang saat ini sedang berlangsung di Los Angeles.

Perangkat PS4 itu mengusung prosesor AMD yang digabungkan dengan empat inti Jaguar dengan prosesor grafis Radeon.

Produk pesaing Microsoft Xbox One itu juga didukung kartu memori GDDR5 berkapasitas delapan giga bit, drive Blu-ray 6x, dan ruang penyimpanan data terintegrasi (built-in hard drive).

Kontrol input PS4 menggunakan DualShock 4 yang mempunyai permukaan sentuh serta tombol "Share" untuk mengunggah video singkat permainan ke berbagai layanan dalam jaringan (online).

Sebagaimana Kinect dalam Microsoft Xbox, PlayStation 4 juga mempunyai imbuhan perangkat kamera kembar dan empat microphone.

Sony juga mengumumkan keikutsertaannya pada asosiasi produsen program asli meski tidak memberikan penjelasan detail tentang konten permainan (game) yang dijalankan PS4.

CEO Sony Entertainment, Michael Lyton, mengatakan Sony Pictures akan mengambil bagian untuk memproduksi konten-konten permainan yang akan tersedia di PlayStation Network.

Namun, Sony tetap menghadirkan sejumlah judul permainan andalannya seperti Final Fantasy XV, Kingdom Hearts 3, The Order:1886, dan Transistor untuk PlayStation 4.

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013