New York (ANTARA News) - Lembaga Pekerjaan dan Bantuan PBB (The UN Relief and Works Agency/UNRWA) mengangkat pemenang kontes menyanyi "Arab Idol", Mohammad Assaf, menjadi Duta Pemuda UNRWA untuk Pengungsi Palestina.

Komisaris Jenderal UNRWA, Filippo Grandi, menugasi Mohammad Assaf (23) membantu pengungsi Palestina di seluruh Timur Tengah, kata Wakil Juru Bicara PBB Eduardo del Buey dalam taklimat harian.

"Ini (dilakukan) setelah Mohammad memenangi Arab Idol dan menunjukkan komitmen pribadinya bagi pengungsi Palestina dan Relief and Works Agency," katanya seperti dikutip Xinhua.

Sebanyak 40 persen lebih dari 5,3 juta pengungsi Palestina yang dibantu oleh UNRWA adalah pemuda berusia antara 15 dan 30 tahun.

Mohammad Assaf lahir di Libya dari orang tua pengungsi Palestina dan dibesarkan di Kamp Pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza.

Ia menjadi terkenal setelah ikut dalam acara Arab Idol, semacam tayangan kondang American Idol --ajang penyanyi muda dari seluruh dunia bersaing memperebutkan hadiah utama.

Mohammad Assaf mulai menyanyi saat berusia 11 tahun dan lagunya berkisah tentang perjuangan Palestina, hak mereka untuk pulang serta hak untuk hidup bebas dan merdeka.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013