Washington (ANTARA News) - Gedung Putih Selasa bersikeras bahwa Rusia memiliki dasar hukum yang jelas untuk mengusir buronan pembocor Edward Snowden, setelah Presiden Vladimir Putin sebelumnya menolak tuntutan Amerika Serikat.

"Sementara kita tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Rusia, ada dasar hukum yang jelas untuk mengusir Snowden," kata Juru Bicara Keamanan Nasional Caitlin Hayden kepada AFP.

Hayden mengatakan, Snowden saat ini berada di fasilitas transit di bandara Moskow. Ia bisa diusir atas dasar dokumen perjalanan dan penundaan tuduhan terhadap dirinya.

"Kami meminta pemerintah Rusia untuk mengambil tindakan guna mengusir Snowden tanpa penundaan untuk membangun kerja sama penegakan hukum kita yang kuat, terutama sejak pemboman Marathon Boston," katanya.

Putin sebelumnya mengatakan Rusia hanya mengekstradisi warga negara asing ke negara yang memiliki perjanjian ekstradisi resmi - dan tidak memiliki perjanjian semacam dengan Washington.

Untuk tidak meningkatkan sengketa dengan Rusia berkaitan kasus Snowden, Hayden mengatakan Gedung Putih setuju "dengan Presiden Putin yang kita tidak ingin masalah ini berdampak negatif terhadap hubungan bilateral kita."

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013