...kalau mau terjun ke energi hijau, ini adalah saatnya."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan masa depan Indonesia adalah energi hijau.

"Kita harus tinggalkan ketergantungan pada bahan bakar minyak, pindah ke energi hijau. Di energi hijau tersebut ada panas bumi, air, tenaga surya, biomassa, sampah, angin dan arus laut. Ini sebenarnya masa depan Indonesia," katanya dalam seminar "Indonesia Menuju Energi Hijau" yang diselenggarakan memperingati 35 tahun alumni ITB 78, di Jakarta, Rabu.

Jero Wacik mengatakan jika Indonesia terlalu tergantung dengan minyak bumi maka akan menyulitkan karena cadangan yang semakin menipis.

"Pemerintah berterimakasih kepada masyarakat atas pengertiannya, setelah BBM dinaikkan, saya menangkap bahwa masyarakat mengerti. Ini bukan bertujuan untuk menyengsarakan rakyat, tapi ini untuk menjaga ekonomi kita," papar Jero.

Dia menambahkan jangan sampai Indonesia tergantung pada minyak. Pihaknya juga telah melakukan pengecekan terhadap sejumlah SPBU di Tanah Air.

"Saya sudah cek, semua SPBU sudah kembali normal," jelas dia.

Menteri Jero juga melihat masyarakat Indonesia sudah semakin dewasa dalam hal energi.

Pihaknya pun sudah mendorong pemanfaatan energi hijau dengan peraturan atau Kepmen.

"Jadi kalau mau terjun ke energi hijau, ini adalah saatnya. Kami memberikan harga yang terbaik, sudah ada aturannya," jelas dia.

Pewarta: Indriani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013