Magelang (ANTARA News) - Melakui UNESCO, Pemerintah Republik Federal Jerman menyalurkan bantuan 134 ribu euro (Rp2,01 miliar) untuk pelestarian Candi Borobudur.

Pemberian bantuan ditandatangi tersebut dilakukan Wakil Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia Hedrun Temple dengan Direktur Perwakilan Kantor Unesco Jakarta Hubert Gijzen di pelataran barat Candi Borobudur di Magelang, Rabu.

Hubert Gijzen menuturkan, sejak 2011 Pemerintah Republik Federal Jerman telah memberikan kontribusi finansial melalui Unesco sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemerintah Indonesia melestarikan situs warisan dunia Candi Borobudur.

Ia mengatakan, kontribusi Pemerintah Jerman tahun ini akan digunakan untuk melanjutkan konservasi struktural dan penelitian di Candi Borobudur yang secara keseluruhan bertujuan mendukung upaya Pemerintah Indonesia menjamin konservasi dan perlindungan jangka panjang candi untuk generasi mendatang.

"Unesco menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Balai Konservasi Borobudur atas dedikasi, komitmen, dan kerja kerasnya dalam melindungi dan melestarikan situs warisan dunia Candi Borobudur.

Unesco juga menyampaikan terima kasih kepada Republik Federal Jerman atas dukungan penuh terhadap upaya pelestarian candi melalui kontribusi selama ini," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013