Permintaan akan buah kelapa muda meningkat pada awal bulan Ramadhan ini, sehingga harga yang dijual mengalami kenaikan juga,"
Gorontalo (ANTARA News) - Buah kelapa muda menjadi pilihan favorit sejumlah warga di Kota Gorontalo guna berbuka puasa, sehingga laris dijual sejumlah pedagang menyambut awal bulan Ramadhan, Selasa.

"Permintaan akan buah kelapa muda meningkat pada awal bulan Ramadhan ini, sehingga harga yang dijual mengalami kenaikan juga," kata salah seorang pedagang, Iwan, yang mangkal di kawasan Taman Kota, Gorontalo.

Karena begitu tinggi peminat kelapa muda tersebut, berdampak dengan naiknya harga buah tersebut. Harga kelapa muda naik dari sebelumnya hanya Rp1.000 per buah, menjadi Rp2.500 per buah, karena permintaan meningkat.

Sejumlah pedagang buah itu mengaku pendapatan kali ini meningkat dibanding hari-hari sebelumnya. Dan ini diprediksikan akan terjadi selama bulan Ramadhan hingga perayaan Lebaran.

Pihak pemasok buah juga turut menaikkan harga, seiring permintaan yang cukup tinggi.

Sementara itu, Nikma, salah seorang pembeli mengatakan, meskipun harga kelapa muda mengalami kenaikan, namun tetap dibeli karena menjadi salah satu hidangan favorit keluarga saat buka puasa nanti.

"Sudah menjadi kebiasaan keluarga kami, saat berbuka puasa selalu di hidangkan minuman air kelapa muda dan isinya, air kelapa dapat menyegarkan dan memulihkan stamina setelah berpuasa," katanya.

Sementara Lina, salah satu warga Molosifat W, Kota Gorontalo, sengaja membeli banyak akan buah kelapa muda, karena memang dijadikan menu utama buka puasa sekaligus banyaknya kunjungan tamu yang berlibur.

"Tamu-tamu saya dari Manado, Sulawesi Utara, banyak yang berlibur ke Gorontalo, menu favoritnya bisa es kelapa muda," ujarnya. (ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013