Dari enam yang berminat, lima yang mendaftar dan menyerahkan dokumen, namun hanya dua yang memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya."
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengharapkan proses penjualan saham dan penetapan pemilik baru PT Bank Mutiara Tbk dapat selesai pada November 2013.

"Menjelang November mudah-mudahan semuanya selesai," ujar Direktur Keuangan LPS, Mirza Mochtar saat ditemui di Jakarta, Selasa malam.

Mirza mengatakan, saat ini ada dua calon investor yang telah memenuhi persyaratan administratif untuk membeli Bank Mutiara sesuai harga penyelamatannya sebesar Rp6,7 triliun.

Dua calon tersebut, lanjut dia, lolos proses seleksi tahap awal setelah dilakukan penilaian dan prakualifikasi terhadap berkas pendaftaran calon investor.

"Dari enam yang berminat, lima yang mendaftar dan menyerahkan dokumen, namun hanya dua yang memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya," ujarnya.

Dengan demikian, dua calon investor ini akan memulai proses lebih lanjut untuk membeli saham Bank Mutiara, yaitu penawaran awal, due dilligence serta nantinya penawaran akhir.

"Kemudian, kalau angka yang ditawarkan cocok, maka bisa mulai dilakukan proses sales purchase agreement," kata Mirza.

Namun, Mirza tidak mengatakan nama dua calon investor yang berminat untuk mengakusisi kepemilikan Bank Mutiara dari LPS ini.

Tahun 2013 merupakan tahun terakhir penawaran bank yang dahulu bernama Bank Century, senilai Rp6,7 triliun. Jika sampai akhir tahun, Bank Mutiara tak juga laku, bank tersebut akan dilepas secara lelang kepada penawar terbaik. (S034/Z002)

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013