Laga ini memamerkan pergerakan eksplosif dari gelandang-gelandang serang yang dimiliki Chelsea: van Ginkel, Michael Essien atau McEachran.
Jakarta (ANTARA News) - Tiga klub papan atas Liga Inggris (Premier League) bertandang dan berlaga ke Jakarta. Berduel 2X45 menit, Indonesia melawan Arsenal 0-7; Indonesia menantang Liverpool 0-2; selanjutnya Indonesia melawan Chelsea, hasilnya?

Indonesia All-Stars yang digadang-gadang mengombinasikan talenta timnas U-23  dan pemain senior di bawah asuhan pelatih Rahmad Darmawan akan menghadapi The Blues di bawah arahan pelatih kondang Jose Mourinho. Kedua tim menggelar duel di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Kamis, pukul 20.30 WIB.

Jika A, maka B; dan A, maka disimpulkan B. Ini salah satu hukum bernalar.

Apakah dapat juga dinalar, jika Arsenal yang berada di peringkat keempat dalam klasemen Liga Inggris 2012/2013 mampu menundukkan Indonesia dengan 7-0, sementara Liverpool yang bertengger di peringkat tujuh mampu menjaringkan dua gol ke gawang Kurnia Meiga.

Maka, berapa berapa banyak gol yang dilesakkan Chelsea (peringkat ketiga Liga Inggris) ke gawang Indonesia All Stars? Memang, sepak bola bukan kalkulasi nalar belaka, bukan logika melulu.

Sepak bola menawarkan imajinasi. Sepak bola memuat pengalaman bertanding. Pengalamannya, bahwa Indonesia kebobolan sembilan gol tanpa balas dari dua klub elite Liga Inggris.

Pengalamannya, bahwa Chelsea meraup dua kemenangan berturut-turut dalam "grand slam" ke Asia Tenggara dengan mengalahkan Malaysia XI, 4-1 (21/7); dan menundukkan Thailand All Stars, 1-0 (17/7).

Pengalaman merupakan satu segi dari ilmu pengetahuan. Pemikiran orisinal tidak dapat dihasilkan hanya melalui logika, melainkan melalui imajinasi. Dengan berbekal imajinasi yang dimiliki pelatih dan diterapkan pemain di lapangan, roda pengalaman bertanding melesat kencang. Alhasil, ada menang, kalah, atau imbang.

Soal memainkan imajinasi dalam muntahan kata-kata, The Special One jagonya. Apakah Mourinho kali ini memainkan imajinasi kata-kata menghadapi Indonesia All-Stars?

Agak-agaknya, pelatih asal Portugal itu akan menurunkan dua tim dalam melakoni laga 2x45 menit di tengah cuaca Jakarta yang panas lembab dan mendung.

Imajinasinya, Chelsea bakal mencetak "treble" dalam tur pramusim ke Asia Tenggara. Dengan meminjam ujaran yang menghibur, "ini laga sarat pelajaran."

Pelajaran apa sih yang dapat dipungut dari bangku sekolah bernama Chelsea dengan pelatih kelas dunia Mourinho? Proses belajar bukan semata mengalami berlaga 2x45 menit, melainkan mengetahui karakter dari Chelsea itu seperti apa dan bagaimana?

Mengatakan bahwa tiga laga melawan tiga tim elit dari Liga Inggris merupakan pelajaran sama saja menyebut "bola itu bulat", atau justru menghibur-hibur diri di tengah kondisi sepak nasional yang karut marut.

Cukuplah menyatakan, bahwa kedatangan Chelsea kali ini untuk bertemu dengan fans facebook di Indonesia. Bukankah jumlah penduduk Indonesia nomor empat di dunia? Ini menyangkut pasar, bukan sebatas mengambil pelajaran dari pertandingan. Guyonannya, pelajaran ada di otak, sedangkan pasar ada di saku masing-masing.

Tajuk tur-pramusim Chelsea "Here to Play, Here to Stay". Asa Mourinho terang benderang, menyelesaikan tiga secara paripurna. Buktinya, menang 4-1 atas Malaysia XI di Kuala Lumpur, dan mengalahkan Thailand All-Stars 1-0 lewat gol semata  wayang yang dicetak Romelu Lukaku.

Sementara Chelsea menyesaki koceknya dengan mendongkrak popularitas globalnya, dengan melalangbuana ke Asia dan Amerika Serikat, maka Mourinho berkesempatan mengevaluasi para pemainnya jelang musim mendatang. Nah, ini baru pelajaran! Bukan kalah bertanding, kemudian belajar.

Pelajaran Mourinho:
Pelatih Chelsea berusia 50 tahun ini akrab menggunakan formasi 4-2-3-1 selama tur-pramusim. Ia juga menjajal seraya mengevaluasi penampilan bintang anyar Belgia, Kevin De Bruyne -yang cedera ketika melawan Malaysia kemudian dipulangkan dan dikatakan siap melawat ke Amerika Serikat - dan Romelu Lukaku.

Acungan jempol dapat diberikan kepada Bertrand Traore ketika Chelsea mengalahkah Malaysia XI. Pemain berusia 17 tahun ini punya masa depan cerah, bukan dengan belajar, melainkan bertanding bersama tim elite Liga Inggris.

Bukan Mourinho bila ia tidak mampu menemukan pengganti De Bruyne. Energi dan kreativitas pemain ini terbilang istimewa, apalagi ia mengisi posisi Juan Mata yang masih absen.

Lini gelandang Chelsea boleh dibilang rawan dengan tanda kurung. Kekosongan ini diisi oleh rekrutan anyar Andre Schurrle yang memberi pelajaran (?) bersama Moses dan Traore.

Dua pemain lain yang terus gemerlap, Josh McEachran dan Nathaniel Chalobah. McEachran yang membela   Middlesbrough di musim lalu bahu membahu bersama Marco van Ginkel, sedangkan Chalobah berada di bangku cadangan.

Komentar dua pelatih:

Jose Mourinho (Chelsea):
"Kami tetap berusaha memberikan penampilan terbaik dan menarik karena kami punya skuad yang bagus.Kami merasa tur pramusim ini berjalan baik. Kami siap bermain walaupun baru tiba dari Malaysia."

Rahmad Darmawan (Indonesia All-Stars):
"Semua pemain akan saya beri kesempatan bermain. Hanya menitnya saja yang berbeda. Saya juga menugasi para pemain agar bisa menghadapi bola-bola mati, dan yang terpenting bagaimana mereka bisa menempati posisi masing-masing".

Prakiraan susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1):
Schwarzer (penjaga gawang), Ivanovic, Kalas, Cahill, Cole, Traore, Essien, Van Ginkel, Moses, Schuerrle, Demba Ba
Cadangan:
Jamal Blackman, Wallace, Chalobah, Terry, Bertrand, Ramires, McEachran, Moses, Lampard, Hazard, Lukaku.

Indonesia All-Stars (4-4-1-1):
Meiga (penjaga gawang), Kipuw, Hamka, Igbonefo, Seftia, Andik, Bustomi, Maitimo, Ferdinand, Tibo, Greg.
Cadangan:
Aji Saka, Purwaka, Roby, Rizki Pellu, Beyu Gatra, Rasyid Bakri, Hendra Bayauw, Syamsir Alam, Agung Supriyanto  

Prediksi 3 besar:
* Indonesia 0-4 Chelsea FC (10,13 persen)
* Indonesia 0-5 Chelsea FC (  9,52 persen)
* Indonesia 0-7 Chelsea FC (  9,01 persen)

Lima laga terakhir:

Indonesia
20 Juli 2013    Indonesia 0 - Liverpool 2    FR
14 Juli 2013    Indonesia 0 - Arsenal 7    FR
  7Juni 2013    Indonesia 0 - Belanda 3    FR
23 Maret 2013    Indonesia 1 - Saudi Arabia 2    ACQ
  6  Feb 2013    Iraq 1 - Indonesia 0    ACQ

Chelsea FC
21 Juli 2013    Malaysia XI 1 - Chelsea FC 4    FR
17 Juli 2013    Thailand All-Stars 0 - Chelsea FC 1    FR
25 May 2013    Manchester City FC 5 - Chelsea FC 3    FR
24 May 2013    Chelsea FC 3 - Manchester City FC 4    FR
19 May 2013    Chelsea FC 2 - Everton 1    EPL
   
Narasi prediksi:

* Skuad arahan Mourinho menghadapi proses penyesuaian udara Jakarta yang lembab dan panas. Untuk itu, ia melakukan sejumlah pergantian pemain untuk menjaga kebugaran anak asuhannya.
* Chelsea tampil dengan corak penguasaan bola yang dominan. Mereka tampil percaya diri di lini gelandang dengan didukung sederet pemain muda bertalenta.
* Mourinho bakal mengandalkan Hazard untuk mengatasi kecepatan para pemain Indonesia All-Stars. Hazard didaulat membuka ruang bagi sesama rekannya dalam tim.
* Laga ini memamerkan pergerakan eksplosif dari gelandang-gelandang serang yang dimiliki Chelsea: van Ginkel,  Michael Essien atau McEachran.
* Meskipun lini pertahanan Chelsea banyak disebut oleh pengamat relatif "rapuh", namun mereka masih mampu mengatasi gempuran barisan depan Indonesia All-Stars.

Prediksi editor Antaranews.com:
 Indonesia All-Stars: 0
 Chelsea : 4

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013