Untuk kereta komersial, tiket arus balik yang masih tersisa adalah tujuan Bandung, Malang dan Surabaya
Yogyakarta (ANTARA News) - Tiket kereta api kelas ekonomi dan kereta tambahan untuk arus balik dari Daerah Operasi VI Yogyakarta pada H+1 hingga H+9 Lebaran sudah habis terjual, begitu pula untuk kereta komersial tujuan Jakarta.

"Untuk kereta komersial, tiket arus balik yang masih tersisa adalah tujuan Bandung, Malang dan Surabaya. Sedang untuk arus mudik, masih banyak tiket yang tersedia," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta Sumarsono di Yogyakarta, Kamis.

Di Daerah Operasi VI Yogyakarta, PT Kereta Api Indonesia menyiapkan 16 rangkaian kereta reguler dan tujuh kereta tambahan yang akan dioperasikan pada 1-18 Agustus.

Total tempat duduk yang disiapkan untuk kereta reguler tercatat sebanyak 8.410 tempat duduk ditambahn 2.616 tempat duduk untuk kereta cadangan.

Pada Angkutan Lebaran 2013, Daerah Operasi VI Yogyakarta memperkirakan ada kenaikan volume penumpang dibanding tahun lalu dari 146.000 penumpang meningkat menjadi 156.800 penumpang.

"Peningkatan volume penumpang tersebut salah satunya disebabkan adanya peningkatan jumlah kereta tambahan," katanya.

Selain persiapan dari sisi sarana angkutan, PT KAI Daop VI Yogyakarta juga sudah mulai melakukan persiapan dari sisi prasarana seperti kondisi rel, peta daerah rawan longsor dan peta daerah yang rawan terjadi kecelakaan akibat perlintasan kereta yang tidak dilengkapi palang pintu.

Daerah yang rawan longsor dan banjir di antaranya, sisi barat Stasiun Prambanan, perlintasan antara Klaten dan Ceper, dan perlintasan antara Stasiun Jebres dan Palur.

Di Daop VI Yogyakarta terdapat 502 perlintasan kereta api, namun hanya ada 155 perlintasan yang dilengkapi dengan palang pintu, 35 perlintasan tidak sebidang dan sisanya adalah perlintasan yang belum dijaga.

"Kami juga sudah siapkan alat material untuk siaga (AMUS) seperti bantalan rel, pasir dan peralatan lain di enam lokasi seperti di Wates, Lempuyangan, Purwosari dan Sragen," katanya.

PT KAI Daop VI Yogyakarta juga sudah menyiapkan petugas pengamanan baik pengamanan internal maupun petugas kepolisian.

"Di setiap stasiun, akan dijaga oleh petugas keamanan dan kepolisian. Kami sudah bekerja sama dengan Brimob," katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013