Inggris terbuka untuk perbaikan dalam hubungan bilateral dengan Iran
London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Inggris Wlliam Hague mengusulkan satu pertemuan dengan timpalannya Menlu Iran Ali Akbar Salehi untuk membuka hubungan lebih baik kedua negara, kata kementerian itu Rabu.

Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi pada Rabu, William Hague "mengatakan ia bersedia untuk menemui Menlu Iran selama sidang Majelis Umum PBB di New York pada September," kata satu pernyataan.

"Dia memperjelas bahwa Inggris terbuka untuk perbaikan dalam hubungan bilateral dengan Iran, langkah-demi-langkah dan berasaskan timbal balik," demikian isi pernyataan tersebut, seperti yang dilaporkan AFP.

Inggris membekukan hubungan diplomatik dengan Iran setelah demonstran garis keras menyerbu kedutaannya di Teheran pada November 2011.

Namun kedua pihak telah mengindikasikan bahwa mereka mungkin terbuka untuk pemulihan hubungan sejak Hassan Rouhani, mantan perunding nuklir yang telah memperjuangkan keterlibatan dengan kekuatan dunia, terpilih sebagai Presiden Iran pada Juni.

Hague juga "menegaskan perlunya kemajuan segera untuk menyelesaikan keprihatinan masyarakat internasional mengenai program nuklir Iran," kata pernyataan itu.

Inggris adalah salah satu negara Barat yang menentang program atom Iran, yang Teheran katakan adalah murni untuk tujuan damai.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013