Riyadh (ANTARA News) - Raja Abdullah dari Arab Saudi mengumumkan sumbangan lanjutan 100 juta dolar AS untuk mendirikan pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memerangi terorisme, kata media Saudi, Kamis.

Arab Saudi menandatangani kesepakatan dengan PBB pada 2011 untuk pembentukan pusat itu dan kerajaan Teluk kaya minyak itu telah menyumbangkan 10 juta dolar AS terhadap pembangunannya.

"Saya mengumumkan sumbangan dari Kerajaan Arab Saudi 100 juta dolar untuk mendukung pusat itu dan bekerja untuk aktivasi di bawah payung PBB," kata Raja Abdullah dalam pidato menandai Idul Fitri, liburan yang dirayakan pada akhir bulan suci Ramadhan, seperti dikutip oleh Kantor berita resmi SPA.

Raja meminta masyarakat internasional untuk mendukung pusat itu untuk menyingkirkan kekuatan kebencian, ekstremisme dan kriminalitas.

Abdullah melempar gagasan untuk pusat pada tahun 2005. Arab Saudi dilanda gelombang serangan dikaitkan dengan militan Alqaida pada 2003-2005, dan perang melawan terorisme adalah salah satu prioritas utama.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013