Tangerang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Tangerang, menyebutkan sebanyak 70 petugas dari Arab Saudi akan ke Bandara Soetta untuk membantu pihaknya melakukan pemeriksaan administrasi keberangkatan calon haji Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Subki Miuldi di Tangerang, Kamis, menuturkan bahwa pengiriman petugas dari Arab Saudi tersebut untuk membantu kelancaran ibadah haji tahun ini.

Subki Miuldi mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan banyak persiapan pada perjalanan musim haji tahun ini. Pasalnya, Tempat Pemeriksaan Imigrasi Soekarno-Hatta hanya memastikan calon haji sampai menaiki pesawat.

"Ditambah lagi ada petugas-petugas haji dari Arab Saudi yang membuka jalur fast track (cepat). Jalur tersebut dinamakan 'Makah Road' sebagai lokasi yang akan menangani pemeriksaan secara keseluruhan perlengkapan perjalanan calon haji," ujarnya.

Untuk penanganan paspor calon haji, kata dia, tidak dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta karena dilakukan di wilayah masing-masing embarkasi.

Ia menjelaskan bahwa pemberangkatan calon haji di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di lokasi itu pun telah bersiap 70 petugas dari Arab Saudi guna melancarkan ibadah haji tahun ini.

Baca juga: Kemenag: 554 kloter calon haji reguler siap berangkat mulai 12 Mei
Baca juga: Dinkes DKI ingatkan calon haji jangan sering keluar tenda saat wukuf

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024