Tangerang (ANTARA) - Direktorat Jenderal(Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berhasil menangkap pria berinisial ETT (35) masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak November 2023 karena dugaan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou, Wijaya Adibrata di Tangerang, Selasa mengatakan bahwa terduga pelaku ditangkap saat berada di Guangzhou, Tiongkok pada Senin 15 Januari 2024.

"Yang bersangkutan adalah DPO Polres Metro Jakarta Utara atas dugaan tindak kriminal berdasarkan Pasal 44 UU No. 23 Tahun 2004," katanya.

Ia menjelaskan, terduga ETT setelah berhasil diamankan langsung dipulangkan ke Indonesia menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-899 rute Guangzhou-Jakarta dan mendarat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"ETT ini bertolak dari Beijing menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA899 pukul 15.45 waktu setempat," tuturnya.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya telah menarik sementara dokumen paspor keimigrasian miliknya agar yang bersangkutan tidak kembali melarikan diri selama menjalani proses hukum.

Mengacu pada Pasal 25 ayat (2) Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 tahun 2014 mengenai Paspor Biasa, penarikan paspor RI dapat dilakukan oleh pejabat berwenang apabila pemegangnya diduga melakukan tindak pidana atau melanggar peraturan perundang-undangan di Indonesia atau termasuk dalam daftar pencegahan.

"Atas dasar tersebut, paspor milik yang bersangkutan kami cabut. Pencabutan paspor RI milik ETT dilakukan dalam rangka membatasi mobilitasnya selama menjalani proses hukum di Polres Jakarta Utara," katanya.

Selanjutnya, setibanya di Indonesia, terduga diserahterimakan kepada petugas dari Direktorat Pengawasan dan Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Utara untuk diproses lebih lanjut.

"Imigrasi akan terus bersinergi dengan semua penegak hukum. Ini adalah salah satu bentuk nyata sinergisitas dengan pihak kepolisian dalam menjaga tegaknya hukum negara kita," ungkapnya.

Diketahui, terduga ETT dilaporkan oleh istrinya berinisial SAG ke Polres Jakarta Utara pada 4 November 2023. ETT merupakan DPO (daftar pencarian orang) oleh Polres Metro Jakarta Utara.

Korban KDRT berinisial SAG menjelaskan, kejadian kekerasan itu berawal ketika menanyakan paspor dirinya dan anak-anaknya yang disita oleh pelaku.

"Bukan dapat penjelasan, saya justru dianiaya dengan dipukul pada bagian kelamin, ditonjok pada mata bagian kirinya hingga lebam, dan diinjak-injak. Setelah itu dia (pelaku) kabur," kata korban.
Baca juga: Dirjen Imigrasi minta jajaran perkuat sumber daya manusia
Baca juga: Ditjen Imigrasi perluas pelayanan e-paspor di 102 kantor imigrasi

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024