Minggu pagi besok hingga siang kemungkinan pemudik berkendaraan akan lebih padat."
Bakauheni (ANTARA News) - Arus balik pemudik dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Sumatera, menuju Pelabuhan Merak, Banten, Jawa, mulai ramai pada Sabtu, kata Kepala Cabang PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Yanus Lentanga.

"Penumpang arus balik mulai ramai menyeberang dari Bakauheni menuju Merak Banten," ujarnya di Bakauheni.

Ia memperkirakan puncak arus balik pemudik akan mulai terjadi pada Sabtu malam ini hingga Minggu (11/8) karena usainya masa cuti bersama bagi karyawan dan pegawai negeri sipil (PNS) Senin (12/8).

Selain pejalan kaki, menurut dia, yang mulai ramai akan menyeberang melalui Bakauheni adalah pengguna kendaraan roda empat pribadi, meskipun jumlahnya belum padat.

"Minggu pagi besok hingga siang kemungkinan pemudik berkendaraan akan lebih padat," katanya.

Yanus menjelaskan, puncak arus mudik saat ini diperkirakan terjadi lebih singkat dibanding tahun sebelumnya seiring dengan habis masa liburan Idul Fitri, sehingga para pemudik akan kembali lebih awal dan secara bersama-sama memadati Pelabuhan Bakauheni.

PT ASDP, menurut dia, sudah mengantisipasi lonjakan pemudik itu dengan berbagai persiapan agar tidak menimbulkan penumpukan atau antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Lampung.

"Kami upayakan pemudik segera menyeberang ke Merak agar tidak menumpuk," katanya menambahkan.

Pos Komando (Posko) Mudik Pelabuhan Bakauheni mencatat, jumlah penumpang yang menyeberang pada Jumat (9/8) hari sebelumnya mencapai 23.978 orang, yang terdiri atas 5.683 pejalan kaki, 18.295 orang dalam kendaraan.

Jumlah kendaraan yang diangkut mencapai 5.210 unit, yaitu 2.448 roda empat atau lebih, dan 2.762  roda dua, dengan 48 perjalanan kapal feri.
(T.KA*B014)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013