...saya salut dengan perjuangan putra-putri terbaik bangsa ini..."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo bersyukur dengan kemenangan pasangan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir (Owi/Butet) sehingga menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di Guangzhou, China, Minggu.

Pasangan peringkat dua dunia yang menjadi unggulan ketiga pada kejuaraan ini mampu menang rubber set (21-13, 16-21, 22-20) atas pasangan peringkat satu dunia yang juga unggulan pertama asal China, Xu Chen / Ma Jin.

"Alhamdulillah akhirnya pasangan ganda campuran terbaik Indonesia mampu menjadi yang terbaik. Untuk meraih ini membutuhkan perjuang yang keras hingga tiga set," kata Roy Suryo di sela nonton bareng di Komplek Widya Candra Jakarta.

Menurut Menpora, aura kemenangan Owi/Butet ini sudah terlihat sejak mampu merebut set pertama dengan mudah. Namun, rasa optimistis sempat memudar setelah pasangan terbaik Indonesia itu harus menyerah di set kedua.

"Set tiga memang menegangkan. Tapi saya salut dengan perjuangan putra-putri terbaik bangsa ini yang akhirnya mampu meraih predikat juara dunia," katanya menambahkan.

Menpora berencana langsung memberikan bonus karena sebelumnya telah dibicarakan dengan Ketua PBSI Gita Wirjawan, sebelum Gita berangkat ke Guangzhou China guna memberikan dukungan langsung.

"Menang ataupun tidak menang akan diberi bonus. Kami juga akan menjemput semua atlet yang berjuang di Kejuaraan Dunia ini," kata lulusan Fisipol UGM itu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013