Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah provinsi dan lima kabupaten siap menggelar tes penerimaan calon pegawai negeri sipil 2013, kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu Tarmizi, Senin.

"Pemerintah provinsi dan lima kabupaten siap menggelar penerimaan CPNS 2013 yang tahapannya akan dimulai pada September," katanya di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan hal itu usai memimpin rapat koordinasi kesiapan daerah dalam penyelegaraan penerimaan calon pegawai negeri sipil 2013 di Kantor BKD Provinsi Bengkulu.

Hasil pembahasan kata dia, pemerintah kabupaten sudah siap dalam penyelenggaraan, kecuali dalam penggunaan sistem Computer Asissted Test (CAT).

"Kabupaten Seluma, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejanglebong dan Lebong, masih menggunakan sistem lembar jawaban komputer atau manual," katanya.

Penggunaan Lembar Jawaban Komputer (LJK) kata dia karena keterbatasan peralatan untuk melaksanakan sistem CAT.

Ia mengatakan untuk penerimaan CPNS lingkungan Provinsi Bengkulu, BKD harus bekerja sama dengan Universitas Bengkulu untuk penerapan sistem CAT.

Dari sisi aturan, lanjutnya, penggunaan LJK pada penerimaan CPNS 2013 masih diperkenankan untuk daerah.

Namun, mulai 2014, seluruh daerah, lembaga dan instansi yang menerima CPNS wajib menggunakan sistem CAT.

Menurutnya, penggunaan LJK tetap menjamin tes CPNS berlangsung jujur, sebab pada penerimaan CPNS kali ini, pembuatan soal dibuat terpusat dan diawasi aparat penegak hukum.

"Soal CPNS dilindungi oleh Lembaga Sandi Negara (LSN), tidak dicetak sembarangan, karena ada kode khusus," tambahnya.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor, SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013, pendaftaran pelamar dan seleksi administrasi CPNS dari pelamar umum akan dimulai pada 1 September hingga 28 September.

Sebelumnya Tarmizi mengatakan kuota CPNS Provinsi Bengkulu pada 2013 sebanyak 144 orang. Sedangkan Kabupaten Seluma sebanyak 30 orang, Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 50 orang, Kabupaten Rejanglebong 35 orang, Kabupaten Lebong 50 orang dan Kepahiang juga 50 orang.

Sementara kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Bengkulu yakni Kota Bengkulu, Mukomuko, Kaur, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Utara tidak menerima CPNS.