Kami masih menunggu klarifikasi pebalap dari dua negara lain yakni Vietnam dan Filipina
Pekanbaru (ANTARA News) - Sebanyak delapan negara akan mengirim pebalap sepeda untuk mengikuti Tour de Siak 2013 di Kabupaten Siak, Riau, pada 12-15 September 2013.

"Kami masih menunggu klarifikasi pebalap dari dua negara lain yakni Vietnam dan Filipina," kata Ketua Panitia Pelaksana Tur de Siak Amin Budyadi yang dihubungi dari Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, pebalap yang sudah positif mengikuti kejuaraan tersebut dari Thailand, Australia, Bahrain, Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia, mereka telah menghubungi dan bersedia mengikuti lomba.

Pihak Panitia Pelaksana, katanya, masih menunggu konfirmasi dari Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) di Jakarta tentang keikutsertaan pebalap dua negara itu. Semua peserta dari negara lain yang mengikuti lomba Tour de Siak melakukan konfirmasi melalui petugas PB ISSI.

Dia menambahkan masih ada waktu dua pekan lagi untuk kepastian peserta dari dua negara tersebut.

Sementara rute yang akan dilalui pebalap merupakan bekas lintasan yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau.

Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar mengatakan tujuan pelaksanaan Tour de Siak adalah untuk mengenalkan potensi wisata di wilayah ini melalui olah raga.

Syamsuar mengatakan pihaknya sudah melaporkan masalah Tour de Siak ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan dijadikan sebagai agenda tahunan wisata.

Dia mengatakan bahwa ide pembentukan tur itu dari Tur de Singkarak, Sumbar, serta dari daerah lain sehingga dapat dikenal oleh negara lain. 

Pewarta: Adityawarman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013