Selasa, 25 November 2014

Hitung cepat: "Asih Kataji" menangi Pilkada Banjar

| 3.467 Views
id pilkada kota banjar, pilwakot banjar, pasangan Ade Uu Sukaesih--Darmadji, hitung lsi, toto izul fatah
Hitung cepat:
Toto Izul Fattah (FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani)
Jakarta (ANTARA News) - Pasangan Ade Uu Sukaesih--Darmadji (Asih Kataji) menang  fenomenal dengan 70 persen suara dalam hitung cepat (quick count) oleh Cikom-LSI pada Pemilihan Wali Kota Banjar, Jabar yang berlangsung Rabu.

Keterangan tertulis Direktur Eksekutif Citra Komunikasi-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah menyebutkan bahwa Pasangan "Asih Kataji" unggul jauh meninggalkan empat pasangan lainnya, yaitu Maman Suryaman--Wawan Rustandi (17,61%), Akhmad Dimyati--Muin (8,82%), Herli Rusli--Wawan Gunawan (4,27%), dan Ijun Sudasah -- R.M. Shodiq (1,83% ).

Menurut Toto, hitung cepat itu menggunakan metodologi "multistage random sampling" dengan jumlah pemilih 138.983 orang yang tersebar di 306 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dengan jumlah sample pemilih sebanyak 76.515 orang.

Dari jumlah sample pemilih tersebut dialokasikan ke 168 sample TPS yang dipilih secara acak.

Hasil hitung cepat itu diambil setelah data masuk mencapai 100 persen dengan tingkat kesalahan sekitar 1 persen. Adapun tingkat partisipasi pemilihan (VTO) sebesar 74,01 persen.

Toto mengatakan, data tersebut sudah cukup menggambarkan perolehan suara keseluruhan dengan pemenang Ade Uu Sukaesih.

"Meski, hasil akhir perhitungan resmi masih menunggu rekapitulasi yang akan dilakukan KPU Kota Banjar. Namun, dari pengalaman LSI melakukan hitung cepat lebih dari 170 kali selama ini tak pernah meleset," katanya.

Mengenai alasan kenapa pasangan Ade Uu Sukaesih--Darmadji unggul jauh dibanding dengan empat pasang lainnya, menurut hasil analisis LSI berdasarkan "tracking survei" selama ini, ada sejumlah alasan utama.

Pertama, baik Ade Uu maupun wakilnya, Darmadji memiliki modal tingkat pengenalan dan kesukaan yang sangat tinggi. Yaitu, Ade Uu dengan 99,1 % (pengenalan) dan 89,7 (kesukaan). Sementara wakilnya, Darmadji dikenal oleh 78,9 % dan disukai oleh 81,8 % pemilih.

Kedua, Ade Uu memiliki pemilih militan (strong supporter) yang juga sangat tinggi (57,2 %). Bandingkan dengan empat lainnya yang  pemilih militannya rata-rata dibawah 10 %.(*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga