Jember (ANTARA News) - Pasangan calon Gubernur dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Kabupaten Jember.

"Pasangan calon Gubernur dan Wagub Jatim nomor urut empat unggul dengan perolehan suara sebanyak 262 suara," kata anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 35 LP Kelas II-A Kabupaten Jember Alit Purnomo di Jember, Kamis.

Pilkada Jatim diikuti empat pasangan calon, yakni Soekarwo-Syaifullah Yusuf (Karsa), Eggi Sudjana-M. Sihat, Bambang D.H.-Said Abdullah, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja (Berkah) dengan pelaksanaan pencoblosan pada 29 Agustus 2013.

Hasil penghitungan di LP Jember menyebutkan bahwa pasangan Karsa mendapat 168 suara, pasangan calon perseorangan Eggi-Sihat mendapat sembilan suara, Bambang-Said Abdullah mendapat 28 suara, dan pasangan Berkah 262 suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak 22 suara.

"Jumlah narapidana dan tahanan di LP Kelas II-A Jember yang memiliki hak pilih sebanyak 489 orang dari total penghuni LP setempat sebanyak 493 orang. Mereka yang tidak memiliki hak pilih adalah anak-anak dan orang luar Jatim," katanya.

Ia menjelaskan penghitungan suara tetap dilakukan pada pukul 13.00 WIB, meskipun proses pencoblosan yang dilakukan seluruh narapidana dan tahanan sudah selesai sebelum pukul 12.00 WIB.

"Kotak suara sudah dibawa ke panitia pemungutan suara (PPS) dengan pengawalan yang cukup ketat karena proses penghitungan sudah selesai di LP," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, TPS 35 Kelurahan Jember Lor itu ditempatkan di dalam LP yang lokasinya berdekatan dengan masjid LP setempat, sedangkan halaman itu dikelilingi jeruji besi dan sejumlah sel tahanan narapidana atau tahanan.

Di LP Bondowoso, pasangan Berkah juga unggul. Karsa mendapat sebanyak 36 suara, Eggi-Sihat sebanyak 4 suara, Bambang D.H.-Said Abdullah sebanyak 10 suara, dan Berkah sebanyak 56 suara. Jumlah narapidana dan tahanan yang mempunyai hak suara sebanyak 106 orang.
(KR-FQH/M029)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013