Kita optimistis, semua tim juga masih menunggu penghitungan-penghitungan di balai desa,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimian "Cak Imin" Iskandar tetap optimistis, pasangan calon gubernur Jawa Timur yang diusungnya, Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) dapat memenangkan pemilihan gubernur meski dalam hitung cepat keduanya kalah dari pasangan Soekarwo -- Saifullah Yusuf (Karsa).

"Kita optimistis, semua tim juga masih menunggu penghitungan-penghitungan di balai desa," katanya di Kompleks Istana kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Ia menilai, hitung cepat bukanlah penghitungan resmi, untuk itu pihaknya menunggu hasil penghitungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita tunggu `real count` (hitung resmi) saja, kita juga berusaha semaksimal mungkin. Itu `kan baru `quick count`. Kita tunggu sampai KPU memutuskan, apa pun keputusan KPU kita menghormatinya," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syariffudin Hasan mengatakan pihaknya optimistis, pasangan Karsa memenangi pemilihan Gubernur Jatim kali ini.

"Optimis dong, hidup harus optimis," katanya.

Sementara itu, tiga lembaga hitung cepat hasilnya memenangkan pasangan Karsa di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2013, yang digelar Kamis.

Rinciannya, lembaga hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat "Karsa" meraih 46,97 persen. Di posisi kedua pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) dengan 37,77 persen.

Berada di urutan ketiga pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (Bambang-Said) dengan raihan 12,91 persen. Terakhir pasangan jalur perseorangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat (Beres) hanya 2,35 persen.

Hasil tidak jauh beda didapat melalui penghitungan cepat Proximity, yakni urutan pertama pasangan Karsa dengan 48,34 persen, pasangan Berkah dengan 37,05 persen, Bambang-Said dengan 12,89 persen dan terakhir pasangan Beres dengan 2,03 persen.

Sementara itu, untuk Lingkaran Survei Indonesia (LSI), di urutan pertama pasangan Karsa dengan raihan 47,95 persen.

Disusul pasangan Berkah dengan 37,77 persen. Kemudian Bambang-Said 11,90 persen, serta urutan terakhir pasangan Beres di 2,37 persen.

(M041/A035)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013