Jakarta (ANTARA News) - Perwakilan atlet Pelatnas nomor tunggal putra hanya menyisakan dua wakil yang melaju ke putaran ketiga pada turnamen Prima Astec Open IX 2013, di GOR Bulu Tangkis Asia Afrika Jakarta.

Setyaldi Putra Wibowo, unggulan keenam, dan Rifan Fauzin Ivanudin, unggulan ke-14 mampu melanjutkan langkah mereka setelah kekalahan dua rekannya yang bermain lebih dulu.

Anthony Sinisuka Ginting takluk dari unggulan pertama, Senatria Agus Setia Putra, dari klub SGS PLN langsung dua game 19-21, 18-21.

Disusul kemudian oleh Thomi Azizan Mahbub, unggulan keempat, yang disingkirkan oleh pemain non unggulan asal klub Exist Jakarta, Rohmat Abdul Rohman lewat pertarungan rubber game 14-21, 21-19, 19-21.

"Dari Pelatnas targetnya selalu yang maksimal. Pemain pelatnas mau tidak mau harusnya juara. Tetapi pemain yang diturunkan di turnamen ini kan pemain muda yang harusnya main di kelas taruna, jadi tidak mudah juga bagi mereka," jelas pelatih tunggal putra Pelatnas, Marleve Mainaky, ditemui di GOR Bulu Tangkis Asia Afrika, Selasa malam.

Setelah kekalahan Anthony dan Thomi, Setyaldi Putra Wibowo berhasil menjadi wakil pertama yang lolos ke putaran ketiga. Setyaldi mengalahkan lawannya dari klub Djarum Kudus, Rudi Cahyadi Budhiawan, dengan skor 21-15, 21-9.

Kemenangan ini diikuti rekannya, Rifan Fauzin Ivanudin yang berhasil menumbangkan pemain dari klub Candra Wijaya, Christeven Howard, langsung dua game 21-14, 21-9.

Turnamen Astec Open telah digelar sembilan kali yang mempertandingkan 1300 atlet dari 15 provinsi untuk lima kategori yakni usia anak-anak, pemula, remaja, taruna, dan dewasa dengan hadiah total Rp200 juta.

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013