Denpasar (ANTARA News) - Kejuaraan bulu tangkis "Astec Open 2018" yang melibatkan ribuan peserta akan dipertandingkan di sepuluh kota besar di Indonesia dalam upaya membidik dan mencari bibit-bibit atlet pemula.

Pendiri "Astec Open" Alan Budikusuma kepada pers di Denpasar, Jumat, mengatakan pertandingan bulu tangkis tersebut tujuan utamanya adalah menjaring bibit-bibit atlet bulu tangkis pemula, karena olahraga tersebut salah satu olahraga favorit.

"Cabang olahraga bulu tangkis menjadi favorit di kalangan masyarakat, oleh karena itu kami berinisiatif untuk menyelenggarakan kejuaraan tersebut di Tanah Air," ujarnya.

Pada kejuaraan tahun ini, kata Alan Budikusuma, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) juga meningkatkan peringkat menjadi Sirkuit Nasional B di beberapa kota.

"Hal tersebut karena dukungan dan partisipasi serta tingginya animo masyarakat untuk menyelenggarakan ajang kejuaraan tahunan tersebut," ucapnya.

Alan Budikusuma menjelaskan kejuaraan tersebut digelar mulai dari Kota Denpasar, Bali pada 6-10 Maret 2018. Selanjutnya, di kota-kota lainnya di Indonesia, antara lain Kota Makassar, Bandung, Banjarmasin, Manado dan final di Jakarta pada 2-8 Desember 2018.

"Memang putaran kejuaraan ini berlangsung panjang, karena dari data yang sudah terdaftar pebulutangkis mencapai 6.500 peserta. Ini bukti secara riil bahwa minat warga masyarakat dalam cabang olahraga bulu tangkis cukup tinggi," ujarnya.

Alan Budikusuma menjelaskan ajang "Astec Open 2018" dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kelompok umur dimulai dari U-13, U-15, U-17, U-19, dewasa dan veteran.

"Selain menggelar pertandingan, kami juga mengadakan coaching clinic. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan cabang olahraga dan berbagi pengalaman terkait bulu tangkis, sehingga peserta diharapkan menekuni olahraga bulu tangkis secara percaya diri dan mampu mengasah kemampuan atau talenta," ujarnya.

Dikatakan, dalam kejuaraan ini, pihak penyelenggara akan secara aktif menginformasikan pertandingan pada kanal media sosial. Antara lain website www.daihatsu co.id, facebook Daihatsu Indonesia twitter edaihotsuind, instagram Daihatsutnd dan youtube Daihatsu.

"Kami mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet bulu tangkis yang mengikuti kejuaraan `Astec Open`. Semoga dengan kejuaraan ini dapat berkontribusi pada kejayaan bulu tangkis Indonesia, hingga ke ajang kompetisi dunia," katanya.

Baca juga: Makassar kota ketiga ajang "Daihatsu Astec Open"
 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018