Kamis, 30 Oktober 2014

Upaya rekonsiliasi pengungsi Sampang berjalan baik

| 1.797 Views
id konflik sampang, konflik syiah sampang, menteri agama, suryadharma ali
Upaya rekonsiliasi pengungsi Sampang berjalan baik
Menteri Agama, Suryadharma Ali (ANTARA/Wahyu Putro A)
Sidoarjo (ANTARA News) - Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan upaya rekonsiliasi pengungsi asal Sampang, Madura, yang berada di Jemundo, Sidoarjo, Jawa Tumur, berjalan baik.

"Saat ini, upaya rekonsiliasi berjalan dengan baik dan menggembirakan seperti yang dinyatakan oleh para ulama secara langsung kepada saya," ujarnya di Bandara Juanda, Sidoarjo, Rabu.

Upaya rekonsiliasi yang sudah berlangsung cukup baik tersebut, kata dia, bisa membuat para pengungsi bisa segera kembali ke kampung halamannya.

"Hal yang perlu ditekankan sekarang adalah semangat kekeluargaan seperti yang sudah dicontohkan oleh para ulama Madura untuk menerima para pengungsi tersebut kembali ke kampung halaman masing-masing," ucapnya.

Ia menyatakan terdapat tiga hal pokok dalam hubungan antara pengungsi dengan warga Sampang, yakni hubungan darah yang terjalin di antara mereka, hubungan guru dan murid atau hubungan antara kiai dengan santri, dan hubungan perkenalan.

"Hubungan kekerabatan itu sangat kental dan kuat di antara sesama warga di Sampang. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika persoalan tersebut diserahkan kepada warga Sampang, karena sesungguhnya mereka yang lebih tahu," paparnya.

Namun, penyelesaian atas persoalan tersebut memang tidak mudah karena sudah terlalu banyak dicampuri oleh pihak lain.

"Sekali lagi, sebaiknya masalah tersebut diserahkan kepada warga Sampang. Cari kesepakatan bersama dengan melakukan dialog dan pencerahan serta melakukan persamaan persepsi supaya masalah tersebut segera berakhir," katanya.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga