Rabu, 1 Oktober 2014

Nissan juga buat smartwatch untuk pengemudi

Senin, 9 September 2013 18:59 WIB | 7.137 Views
Nissan juga buat smartwatch untuk pengemudi
Jam pintar Nismo buatan Nissan. (Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Nissan meluncurkan sebuah jam pintar (smartwatch) yang bisa untuk memantau kinerja kendaraan sekaligus sopir, menurut BBC dalam laporannya, Senin.

Seperti jam pintar pada umumnya, Nissan Nismo mengukur detak jantung pengguna, suhu, dan data biometrik lainnya.

Tapi bedanya, smartwatch Nissan itu memungkinkan pengguna memantau kinerja mobilnya, termasuk kecepatan rata-rata dan konsumsi bahan bakar.

Para ahli mengatakan jam tersebut bisa menjadi langkah penting menuju konektivitas lebih luas dalam mobil.

"Konektivitas adalah pertempuran baru bagi produsen mobil," kata Chas Hallet, kepala editor What Car dikutip BBC.

"Internet dalam mobil sudah hadir dan sekarang elektronik konsumen berfokus pada koneksi berbasis-jam, Nissan berusaha memimpin permainan ini dan menggabungkan dua (mobil dan smartwatch) bersama dengan cerdik."

Smartwatch Nismo bisa terhubung dengan sistem komputer on-board mobil untuk memungkinkan pengguna memantau telematika dan data kinerja mobil.

Nismo diluncukan menjelang Frankfurt Motor Show yang akan berlangsung 22 September ini.

Samsung juga belum lama ini mengenalkan jam pintar Samsung Galaxy Gear, sementara Sony dengan Smartwatch 2, dan ada beberapa brand lainnya muncul di pasar.

"Teknologi wearable (yang bisa dikenakan) cepat menjadi hal besar berikutnya dan kami ingin mengambil peluang dari teknologi inovatif ini," kata Gareth Dunsmore, GM Komunikasi Pemasaran di Nissan Eropa.

Nismo hadir dalam tiga warna dan memiliki daya tahan baterai sekitar seminggu, bisa dikontrol dengan dua tombol pada layar.

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga