Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Inggrid Kansil meminta Kementrian Agama serius memperhatikan jamaah haji tahun ini, antara lain memperhatikan sarana dan prasarana jamaah saat di tanah suci.

Di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu, Inggrid meminta Kemenag tegas mengooptimalisasi pelayanan haji, baik transportasi maupun akomodasi selama di Arab Saudi.

"Seperti larangan penggunaan transportasi pemerintah yang belum disetujui oleh kerajaan Arab, penyedian katering dalam kotak nasi, penambahan petugas keamanan di sana untuk menjaga jamaah haji Indonesia," katanya.

Dia juga meminta pemerintah bersiap dalam prosesi lempar jumrah di Mina karena jamaah haji dari berbagai penjuru dunia terkonsentrasi di satu titik.

Dia meminta pemerintah menambah personel keamanan dan armada transportasi, serta meminta petugas medis mengecek kesehatan para anggota jamaah secara intensif.

"Sehingga ketika prosesi Jamarat, jamaah yang diketahui sakit dan tidak fit disarankan tidak melakukan Jamarat untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan," tambahnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013