Dua hari lalu kacanya sempat dipecah gara-gara tiket di loket habis. Nyatanya, di calo masih banyak dan merajalela. Kok bisa calo punya tiket kalau tidak ada permainan oknum
Sidoarjo (ANTARA News) - Ratusan pendukung Tim Nasional Indonesia U-19 merasa kecewa dengan penjualan tiket semi-final Piala AFF U-19 yang akan digelar di Gelora Delta Sidoarjo, Jumat pagi.

"Kami sudah antre hampir dua jam, tapi petugas belum membuka loket, padahal orang di luar sudah menumpuk. Seharusnya petugas mengerti sudah banyak yang antre," ujar salah satu penonton, Kholilurrahman yang ditemui di sela antre tiket.

Pria yang datang bersama seorang anaknya tersebut mengaku datang pukul 06.30 WIB, sedangkan loket baru dibuka pukul 08.30 WIB.

Ia semakin kesal karena saat loket dibuka, petugasnya hanya kurang dari lima orang.

"Bagaimana ini panitia? Kok yang antre banyak, petugasnya sedikit? Mana sudah antre lama, tapi tidak segera mendapat pelayanan yang baik," kata pria asal Kenjeran, Surabaya itu.

Hal senada disampaikan Samsul Arifin, warga Sidoarjo. Sedikitnya petugas dinilai tidak bisa mengurai antrean, malah semakin membuat berdesakan karena berebut mendapatkan tiket terlebih dahulu.

"Seharusnya, satu loket dijaga satu petugas dan siap dengan tiketnya. Ini tidak, satu petugas jaga tiga loket lebih. Mana bisa efektif?," kata dia.

Ia mengaku sangat menyesalkan sikap petugas dan panitia setempat karena tidak mengevaluasi kejadian sebelumnya. Kaca loket sempat dipecah oleh massa sesaat sebelum pertandingan antara Indonesia melawan Malaysia, Rabu lalu.

"Dua hari lalu kacanya sempat dipecah gara-gara tiket di loket habis. Nyatanya, di calo masih banyak dan merajalela. Kok bisa calo punya tiket kalau tidak ada permainan oknum," katanya dengan nada kesal.

Benar saja, baru setengah jam dibuka, tiket kelas VIP sudah ludes, tetapi kenyataanya, di sekitar stadion sudah banyak calo yang menawarkan tiket kelas VIP dengan harga lebih tinggi.

"Aneh. Saya beli tiket VIP di loket sudah habis, padahal baru dibuka, malahan di calo sudah banyak dan harganya naik 50 persen. Saya cuman bisa tertawa melihat kondisi ini," kata Aminuddin, salah satu calon penonton lainnya.

Harga tiket khusus semi final berbeda dari babak penyisihan sebelumnya. Kali ini, panitia mematok harga Rp30 ribu untuk ekonomi tribun utara dan selatan, dari sebelumnya Rp20 ribu.

Kemudian, sisi tribun timur tetap Rp30 ribu, atau tidak ada perubahan. Sedangkan, ekonomi menjadi Rp75 ribu dari Rp50 ribu dan VIP Rp100 ribu dari Rp75 ribu.

Meski masih pagi, calo sudah banyak yang menawarkan tiket. Untuk VIP, dijual Rp150-200 ribu dan tribun utama hingga Rp100-125 ribu,

Sementara itu, salah satu petugas loket ketika dikonfirmasi enggan berkomentar karena alasan sibuk melayani penonton. Sejumlah petugas kepolisian juga berdiri di sekitar antrean untuk menjaga ketertiban.

Semi final Piala AFF U-19 malam nanti mempertemukan tuan rumah Indonesia melawan Timor Leste. Kick off akan dilakukan tepat pukul 20.00 WIB di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Sedangkan, satu partai semi final lainnya antara Laos melawan Vietnam di Stadion Petrokimia Gresik mulai pukul 16.00 WIB.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013